Koordinasi Pengelolaan Website dan OJS Balitpalma

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan web site dan jurnal secara eletronik, pengelola IT Puslitbang Perkebunan diundang sebagai narasumber pada acara Workshop dan bimbingan teknis pengelolaan website dan manajemen penerbitan jurnal melalui platform open journal system (OJS) di Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma) Manado (17 – 21 April 2017). Workshop diikuti oleh para Penangung jawab dan pengelola IT, Dewan Redaksi dan Redaksi Pelaksana Buletin Palma dan para peneliti Balit Palma.

Dalam sambutannya pada pembukaan workshop, Kepala Balit Palma, Dr. Ismail Maskromo, akan pentingnya peran IT dalam era digitalisasi ini serta menanggapi arahan Bapak Menteri Pertanian mengenai release berita positif minimal 3 kali dalam seminggu di laman web lingkup kementerian pertanian. Diharapkan dengan workshop ini dapat memberi pencerahan dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pengelola website, publikasi elektronik, dan jarigan internet.

Bursatriannyo yang ditugaskan sebagai narasumber dalam workshop ini, memaparkan tentang pengelolaan OJS khusunya Buletin Palma bagi Dewan Redaksi dan Redaksi Pelaksana serta bagi peneliti sebagai penulis. Dalam paparannya menyampaikan hasil Review OJS Buletin Palma dan Tahapan-tahapan penerbitan jurnal elektronik melalui OJS. Jurnal elektronik sebagaimana tertuang pada Peraturan LIPI No. 3 tahun 2014 dan Peraturan Dirjen Dikti No. 1 tahun 2014 tentang pedoman akreditasi terbitan berkala ilmiah, terhitung 1 April 2016, usulan akreditasi jurnal ilmiah nasional hanya menerima dan memproses usulan akreditasi yang dikelola/diterbitkan secara elektronik. Artinya jurnal yang terbit secara cetak tanpa elektronik/online tidak dapat lagi diakreditasi.

Adapun tahapan-tahapan penerbitan jurnal elektronik pada OJS sebagaimana tertera pada Gambar berikut:

Sedangkan tahapan teknis yang harus dilakukan oleh penulis (author) dalam sistem OJS. Mulai dari memasukkan naskah ke OJS oleh penulis sampai diterbitkannya naskah tersebut secara online.

Pada sisi pengelolaan website, Bursatriannyo menyampaikan materi tentang pemberitaan pada website Balit Palma. Ada dua jenis berita pada Web Site yaitu Info Aktual dan Info Teknologi. Info Aktual berupa kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh UK/UPT yang bersifat nasional/internasional, kegiatan UK/UPT yang menghadirkan Kepala Badan dan Menteri atau pejabat-pejabat Kemtan maupun luar Kemtan. Sedangkan Info Teknologi berisi informasi mengenai inovasi teknologi/hasil penelitian yang dimiliki oleh UK/UPT, ujar Bursatriannyo.

Bimbingan teknis website juga mengupas pengelolaan konten dan tampilan yang sesuai dengan kriteria Badan Litbang Pertanian dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP), keberkalaan konten dan informasi web, serta strategi peningkatan indeksasi website melalui Search Engine Optimization (SEO). Selain itu juga menata ulang tampilan laman website Balipalma (http://balitka.litbang.pertanian.go.id) agar menjadi lebih komunikatif, elegan, dan terbuka.

Pada sisi pengelolaan jaringan internet, yang disampaikan oleh Arifa Nofriyaldi Chan dari Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), mengatakan bahwa jaringan internet merupakan hal fundamental bagi setiap satuan kerja (satker) dalam menyampaikan informasi atau mendiseminasikan ouput penelitian secara cepat dan tepat kepada masyarakat. Maka dari itu, optimasi jaringan internet merupakan langkah awal yang perlu dilakukan untuk mengakomodir kegiatan yang memerlukan kecepatan akses data serta pemanfaatannya dalam menunjang pengelolaan website dan OJS di masing-masing satker.

Workshop yang yang dilaksanakan selama lima hari ini dilaksanakan secara teori dan praktek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *