Koordinasi Balai Lingkup Puslitbangbun di Balittas Malang

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) merupakan Unit Kerja Badan Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Balitbangtan) Kementerian Pertanian yang memiliki tugas koordinasi terhadap empat balai binaannya, yaitu Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas), Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma) dan Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri). Dalam rangka koordinasi antar Balai lingkup Puslitbangbun. pada hari Rabu 09 Oktober 2019 dilakukan pertemuan di kantor Balittas Malang. Pertemuan dihadiri oleh Kepala Puslitbangbun Ir, Syafaruddin PhD. , Kepala Balit Palma Dr. Ismail Maskromo, Kepala Balittro Dr. Evi Savitri, Kelapa Balittri Dr. Tri Joko Santoso, Kepala Bidang Program dan Evaluasi Puslitbangbun Dr. Rustan Massinai, Kepala Bagian Tata Usaha Puslitbangbun Ir. Yusniarti, tim pakar Puslitbangbun, peneliti dan staf Balittas.

Kepala Puslitbangbun Ir, Syafaruddin PhD. dalam arahannya menyampaikan bahwa semua Balai lingkup Puslitbangbun harus segera mempercepat realisasi kegiatan, pengisian SKP harus diisi setiap hari karena akan berdampak pada tunjangan kinerja, evaluasi proposal 2020 agar segera diselesaikan, serta menjaga kekompakan antar staf dan antar Balai lingkup Puslitbangbun.

Pada kesempatan pertemuan tersebut juga para Kepala Balai diberikan kesempatan memperkenalkan diri. Selanjutnya disampaikan terkait evaluasi kegiatan tahun 2019 dan rambu-rambu pelaksanaan kegiatan tahun 2020 oleh Kabid Program dan Evaluasi (PE) Dr. Rustam Massinai. Kegiatan dilanjutkan dengan evaluasi program kegiatan Balittas oleh tim pakar Puslitbangbun yaitu Prof.Dr. Deciyanto Soetopoo dan Prof.Dr. Supriadi.

Selesai pertemuan dilakukan kunjungan ke Laboratorium Terpadu Balittas dan Kebun Percobaan Karang Ploso. Selain itu dalam rangka membangun kerjasama dengan Universitas Brawijaya (UB), Kepala Puslitbangbun didampingi Kepala Balit Palma dan Kepala Balittri mengadakan pertemuan dengan Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, MP. Pada pertemuan tersebut disampaikan tawaran kerjasama antara Badan Litbang Pertanian dengan Fakultas Teknologi Pertanian Univertsitas Barawijaya, Malang. Kepala Puslitbangbun menyampaikan tentang peluang kerjasama terkait penelitian dan pengembangan komoditi perkebunan. Selain itu kemungkinan mahasiswa magang dan penelitian di Balai lingkup Puslitbang Perkebunan serta penyelesaian studi mahasiswa S3 dari Balit Palma di Universitas Brawijaya, Malang.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Palma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *