Komoditas Perkebunan: Kakao, Kopi dan Teh Ramaikan Pameran Agro&Food Expo 2012

Artikel Kakao Artikel Kopi Artikel Teh Berita Media

JAKARTA, PERKEBUNAN – Agro & Food Expo 2012 ke-12, digelar tanggal 31 Mei – 3 Juni 2012 bertempat di Hall B Jakarta Convention Center, Jakarta mengambil tema “Meningkatkan Nilai Tambah dan Daya Saing Produk Pertanian”. Agro & food Expo ke-12 diselenggarakan oleh PT. Wahyu Promocitra dan Kementerian Pertanian.

 

Berdasarkan laporan dari Ketua Panitia Penyelenggara Muhammad Sukur Sakka dari PT. Wahyu Promocitra, pameran dilaksanakan bersamaan dengan 3rd Indonesia Organic Expo 2012, Indonesia Cacao, Coffee, Tea Festival 2012 dan Indonesia Spice 2012.

Pameran diikuti lebih dari 300 peserta dari Indonesia, China, Taiwan, Korea dan Kazakstan yang menampilkan komoditas unggulan seperti : coklat, kopi, teh, rempah-rempah, produk organik, produk makanan dan minuman, produk kehutanan, peternakan, kelautan dan perikanan, alat pertanian dan mesin-mesin, pupuk dan obat-obatan, peluang investasi dan bisnis, penawaran proyek pembangunan dan kemitraan, dll.

Pameran bertujuan untuk meningkatkan nilai perdagangannya melalui transaksi langsung di arena pameran maupun kerjasama bisnis ke depan. Kegiatan pameran yang dilaksanakan selama 4 hari ini akan diisi dengan Talkshow dan presentasi serta forum bisnis buyers met sellers.

Agro & Food Expo 2012 ke-12 yang sedianya dibuka oleh Menteri Pertanian, diwakilkan kepada Plh. Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (PPHP) Kementerian Pertanian Ir. Yasir Taufik, MM. Dalam sambutannya, Mentan mengharapkan pameran ini tidak hanya mengenalkan dan mempromosikan produk dan alat pertanian ke pasar, juga dapat terjadi transaksi pasar, serta memberikan kontribusi pada pembangunan pertanian bagi pelaku, pengusaha dan petani.

Pada pameran ini, Badan Litbang Pertanian memamerkan produk bidang perkebunan (bibit dan benih kopi, coklat, kopi luwak, dan teh), pasca panen (minuman sari buah, mie sagu) dan hortikultura (buah, sayuran dan tanaman hias). Cukup ramai pengunjung yang datang ke stan pameran Badan Litbang Pertanian diantaranya Putri Pangan Indonesia 2011. (Bur/Iwa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *