Klon Unggul Jarak Pagar Jet 1 Agribun dan Jet 2 Agribun untuk Mendukung Pengembangan di Lahan Kering Iklim Kering

Artikel Jarak Pagar Berita Perkebunan Varietas Varietas Jarak Pagar

VARIETAS UNGGUL PERKEBUNAN – Klon unggul Jarak Pagar Jet 1 Agribun dan Jet 2 Agribun sebagai varietas unggul baru untuk mendukung pengembangan di lahan kering iklim kering. Kedua klon tersebut telah dilepas oleh Menteri Pertanian berdasarkan SK. Nomor 105 dan 106/Kpts/KB.010/2/2017 tanggal 24 Februari 2017.

Klon Jet 1 Agribun berpotensi menghasilkan biji kering sebanyak 2,33 ton dengan rata-rata 1,09 ton/ha/th (37,91% lebih tinggi dibandingkan IP-3A), berkadar minyak 37,44%.

Gambar 2. Klon Unggul Jarak Pagar Jet 1 Agribun

 

Klon Jet 2 Agribun berpotensi hasil 2,64 ton dengan rata-rata 1,08 ton/ha/th (37,00% lebih tinggi dibandingkan IP-3A) berkadar minyak 35,80%, keduanya sesuai dikembangkan di wilayah beriklim kering.

Gambar 2. Klon Unggul Jarak Pagar Jet 2 Agribun

Ke dua klon jarak pagar tersebut  diharapkan dapat dimanfaatkan untuk mendukung program pengembangan di daerah Indonesia Timur yang beriklim kering terutama daerah-daerah terpencil yang belum terjangkau listrik. Dengan produktivitas jarak pagar yang tinggi akan mempercepat tersedianya biji jarak pagar sebagai bahan baku Biofuel secara berkelanjutan untuk mesin pembangkit listrik. Manfaat yang dapat dirasakan masyarakat adalah menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru di Wilayah Timur Indonesia sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *