Kiat-kiat Menjadi Peneliti Yang Handal

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Peneliti yang dikatakan handal merupakan sosok yang kreatif, banyak ide dan gagasan, inovatif, konsisten, peduli, jujur, memiliki manajemen waktu yang baik dan mampu menganalisis. Hal ini disampaikan oleh Dr. H. Pasril Wahid, APU., saat kunjungannya ke Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) Sukabumi, Rabu (8/3). Beliau diterima oleh Kepala Balittri Dr. Syafaruddin (Deden, red.) beserta para peneliti Balittri.

Dr. Pasril Wahid pernah menduduki jabatan Kepala Puslitbangtri tahun 1995-1999 (sekarang Puslitbangbun) dan Kepala Badan Litbang Kehutanan dan Perkebunan (1999-2000). Walau sudah menjadi warga warga emas, beliau masih aktif sebagai pengajar di salah satu Universitas di Bogor.

Dalam paparannya tentang kiat-kiat menjadi peneliti yang berhasil, Pasril Wahid berpesan bahwa peneliti yang berhasil saja tidak cukup, juga harus didukung oleh adanya rasa bangga, puas, dan senang. Rasa bangga, puas dan senang tersebut diperlukan sebagai pendorong yang mampu memotivasi peneliti untuk terus berkarya dalam mengembangkan penelitiannya.

Balittri merupakan tempat penelitian terkait komoditas utama kopi, kakao, teh dan karet. Sebagian besar pegawainya merupakan peneliti dengan riwayat jenjang yang beragam, ujarnya.

Foto Dr. H. Pasril Wahid, APU., bersama Kepala Balittri dan peneliti (8/3/17).

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *