Khasiat Minuman Cendol dari Tanaman Lidah Buaya

Artikel Obat Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Minuman cendol lidah buaya ini berkhasiat untuk menghaluskan kulit, efektif sebagai obat pencahar, diabetes dan radang usus. Tanaman lidah buaya (Aloe vera) yang selama ini kita kenal, tidak hanya sebagai penyubur rambut, juga sebagai minuman kesehatan. Daging dari tanaman ini bisa digunakan untuk membuat minuman cendol lidah buaya. Untuk mengenalkan kepada masyarakat sekitar tentang cara pembuatan minuman cendol lidah buaya dan khasiatnya, Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) Badan Litbang Kementerian Pertanian baru-baru ini melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) Sehat dan Sejahtera dengan Tanaman Rempah dan Obat dengan tema “Pembuatan Minuman Cendol Lidah Buaya” (14/1/2017).

Bimbingan teknis pembuatan minuman cendol lidah buaya ini diikuti oleh sekitar 20 orang dari berbagai latar belakang antara lain guru, wiraswasta, pensiunan kementerian, pegawai swasta, Ibu rumah tangga dan pegawai kuliner. Kegiatan ini merupakan salah satu diseminasi Balittro dalam mengenalkan tanaman obat berkhasiat kepada masyarakat untuk kesehatan.

Kegiatan bimtek diisi dengan pemaparan tanaman obat keluarga (Toga) oleh Tim Seksi Jasa Penelitian Balittro, demo pembuatan cendol lidah buaya, serta kunjungan ke lokasi Kebun wisata ilmiah tanaman obat (KWITO) dan griya jamu.

Disini peserta diajarkan cara mengolah lidah buaya mulai dari pengambilan dagingnya sampai menjadi minuman cendol. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara pembuatannya minuman cendol lidah buaya sebagai berikut :

Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan cendol lidah buaya ini antara lain: lidah buaya, gula pasir, jeruk nipis, pandan, es batu, garam.

Adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Kupas kulit buah dan ambil dagingnya, kemudian dicuci hingga bersih
  • Potong-pootong menjadi kotak-kotak kecil (seperti dadu)
  • Rendam dengan air panas dan garam selama lebih kurang 2 jam, kemudian tiriskan
  • Masak air hingga mendidih
  • Masukkan gula pasir, daun pandan, dan garam
  • Matikan kompor, tunggu sampai dingin
  • Masukan jeruk nipis dan es batu dan daging lidah buaya tadi
  • Cendol siap dihidangkan

Peserta sangat antusias mengikuti bimtek dan menyatakan sangat berkesan dan sangat bermanfaat sekali dengan diadakannya bimtek ini. Nantinya akan dicoba di rumah untuk dihidangkan bagi keluarga, berbagai dengan tetangga, kepada murid di sekolah dan tidak tertutup untuk buat bisnis.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *