Keunggulan dan Potensi Cabai Keriting Varietas Laju F1 sebagai Tanaman Sela di antara Kelapa Belum Menghasilkan

Artikel Kelapa Berita Perkebunan

INFO PERKEBUNAN – Pohon kelapa membutuhkan waktu bertahun-tahun sejak pertama kali ditanam hingga menghasilkan buah. Sembari menunggu, lahan kosong di antara tanaman kelapa yang belum menghasilkan (TBM) dapat ditanami tanaman sela untuk meningkatkan pendapatan petani. Apalagi, luas lahan yang dapat dimanfaatkan sebagai tanaman sela bisa mencapai 80%.

Salah satu tanaman sela yang direkomendasikan adalah cabai keriting (Capsicum annum L.). Tak hanya dapat digunakan untuk memasak, cabai keriting juga dimanfaatkan sebagai bahan baku industri makanan, obat-obatan, dan jamu.

Meski dibutuhkan oleh masyarakat sehari-hari, produktivitas cabai di Indonesia masih terbilang rendah. Menurut Agustin (2010), potensi produktivitas cabai bisa mencapai 20-40 ton/ha. Namun berdasarkan data tahun BPS tahun 2015, tingkat produktivitas rata-rata cabai nasional hanya sebesar 6 ton/ha.

Produktivitas sendiri dipengaruhi berbagai macam faktor, mulai dari musim, pola tanam, sampai varietas yang digunakan. Penelitian Muhammad Nur (2020) menunjukkan bahwa produktivitas cabai keriting varietas Laju F1 sebagai tanaman sela cukup tinggi.

Varietas ini ditanam dengan jarak tanam 80 cm x 80 cm (a), 70 cm x 80 cm (b), dan 60 cm x 60 cm bentuk zig zag (c) di antara tanaman kelapa umur 3 tahun yang belum menghasilkan. Hasilnya, jarak tanam (c) memiliki produktivitas tertinggi, yakni 8,5 ton/ha disusul (b) 7,27 ton/ha dan (a) 7,02 ton/ha.

Dari parameter berat per buah, jarak tanam (a) menghasilkan rata-rata tertinggi, yaitu 4,68 g, sedangkan jarak tanam (b) dan (c) memiliki rata-rata sama sebesar 4,24 g. Jika dilihat dari panjang buahnya, jarak tanam (a) menghasilkan rata-rata panjang buah 14,96 cm, disusul (b) 14,86 cm dan (c) 14,72.

Varietas Laju F1 layak untuk direkomendasikan sebagai tanaman sela di antara kelapa TBM. Selain karena dapat memberikan tambahan pendapatan, tanaman sela dapat membantu mengendalikan pertumbuhan gulma. Pupuk yang tidak diserap tanaman sela pun dapat dimanfaatkan oleh kelapa untuk memacu pertumbuhannya. (Nurul/Tim Web)

Sumber : InfoTekbun20-Potensi Cabai KeritingTanSelaKelapa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *