Kesiapan Balittri dalam Menyukseskan Program Perbenihan Perkebunan

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Menyongsong Tahun Perbenihan Nasional tahun 2018 yang telah dicanangkan oleh Menteri Pertanian Dr. Andi Amran Sulaiman, Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) sebagai UPT Badan Litbang Pertanian mendapatkan tugas menyedikan benih kopi, kakao dan karet yang unggul dan berkualitas. Untuk melihat kesiapan di lapang, tim perbenihan Balittri melakukan kunjungan kerja ke Kebun Percobaan (KP) Pakuwon, Sukabumi (4/9/17).

Kunjungan lapang yang dipimpin oleh Kepala Balittri Ir. Syafaruddin, Ph.D. (Deden) panggilan akrabnya, melihat kesiapan di lapangan. Pada kunjungan tersebut sekaligus dilakukan koordinasi agar kegiatan perbenihan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Setelah melihat hasil kerja tim perbenihan di lapangan, Deden sangat puas dengan hasil kerja timnya. Dia juga mengemukakan bahwa  penyediaan benih unggul perlu didukung berbagai inovasi teknologi yang telah dihasilkan Balittri, seperti pupuk hayati dan agens hayati.

Kesiapan Balittri dalam menyukseskan program perbenihan perkebunan ini juga sudah disampaikannya pada acara rapat koordinasi (rakor) perbenihan di Makassar (30/8/17). Dalam paparannya mengatakan mengenai kesiapan Balittri dalam menyediakan benih unggul kopi, kakao, dan karet. Ditegaskannya pula bahwa dalam penyediaan benih unggul tersebut akan didukung dengan berbagai inovasi teknologi yang telah dihasilkan Balittri, seperti pupuk hayati dan agens hayati.

Balittri juga siap berbagi informasi dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) yang ada di tiap Propinsi di Indonesia yang mendapatkan tugas untuk menyediakan benih komoditas yang sama (kopi,kakao, dan karet), ujar Deden.

Sumber : Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *