Keragaan Stomata Daun Tanaman Kopi, Kakao, Karet dan Teh

Inovasi Teknologi

INFO TEKNOLOGI – Stomata adalah celah di antara epidermis yang diapit oleh dua sel epidermis khusus yang disebut sel penutup. Stomata terdapat pada semua bagian tumbuhan yang langsung berhubungan dengan udara, namun akan lebih banyak ditemukan pada daun.

Dari hasil pengamatan laboratorium diketahui bahwa tipe stomata pada tanaman kopi, kakao, karet, dan teh berturut-turut adalah parasitik, anisositik, parasitik, dan aktinositik.

Tanaman teh menampilkan jumlah stomata yang lebih sedikit, dibanding dengan stomata tanaman kopi, kakao dan karet. Jumlah stomata daun yang paling banyak ditemukan pada tanaman kakao.

Letak stomata pada keempat tanaman tersebut hanya terdapat pada bagian bawah daun. Penyemprotan pupuk daun, sebaiknya dilakukan ke arah bagian bawah daun. Karena epidermis bagian atas daun tidak ditemui adanya stomata baik pada tanaman kopi, kakao, karet dan teh.

Gambar. Bentuk stomata kopi, kakao, karet dan teh : a) stomata daun kopi, (a1) bagian bawah daun (100 x) , (a2) bagian bawah daun (400 x), b) stomata daun kakao (b1) bagian bawah daun (100 x), (b2) bagian bawah daun (400 x), c) stomata daun karet, (c1) bagian bawah daun (100 x), (c2) bagian bawah daun (400 x) dan d) stomata daun teh, (d1) bagian bawah daun (100 x), (d2) stomata teh bagian bawah daun (1.000 x)

 

Selengkapnya perkebunan_Warta-Litbangtri-20-11.pdf

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *