Keragaan Kelapa Dalam di Maluku Tenggara Barat

Artikel Kelapa Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Kelapa Dalam di desa Wowonda, Kabupaten Maluku Tenggara Barat berpotensi untuk dijadikan varietas unggul dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan benih lokal maupun nasional. Pohon kelapa di daerah ini rata-rata berumur 20 tahun dan masih mempunyai potensi yang baik untuk mencapai produksi yang optimal.

Mahkota daun kelapa berbentuk bulat, buah kelapa berukuran sedang sampai besar dengan warna merah, kning, hijau, dan kuning kehijauan.

Hasil analisis beberapa karakter morfologi menunjukkan bahwa karakter jumlah daun per pohon, jumlah tandan per pohon dan jumlah buah per tandan mempunyai koefisien keragaman <20%. Hal ini berarti karakter tersebut tingkat keseragamannya tinggi kriteria.

Jumlah tandan buah per pohon Kelapa Dalam di desa Wowonda hampir sama dengan varietas Kelapa Dlaam Nasional (12 – 14 tandan per pohon per tahun).. Namun masih lebih rendah dari Kelapa Hibrida Indonesia (13 – 15 tandan per pohon). Jumlah buah per tandannya sama dengan Kelapa Genjah yaitu 8 – 12 butir per tandan.

Kelapa di desa Wowonda mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai bahan dasar industri berbasis kelapa. Pemanfaatan kelapa yang optimal dapat membantu pemeirntah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani kelapa.

Gambar. Kondisi kebun kelapa di Desa Wowonda, A) areal yang terawat, dan B) areal yang kurang terawat.

Gambar. Kondisi buah pohon kelapa di Desa Wowonda,  A) buah berwarna kuning kehijauan, B) buah berwarna hijau.

 

Selengkapnya download file : perkebunan_WartaVol21No3-2015.pdf

Info terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *