Kepala Puslitbangbun Targetkan Pencapaian Kinerja Lebih Dari 97%

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Tahun Anggaran 2019 akan segera berakhir dengan efektif waktu tersisa kurang lebih 30 hari untuk mencapai realisasi kegiatan dan anggaran minimal 97% berdasarkan Indikator Kinerja Utama (IKU) Kepala Puslitbangbun dengan Kepala Balitbangtan. Untuk itu seluruh unit kerja Lingkup Puslitbangbun diminta segera melakukan langkah cepat agar bisa mencapai angka tersebut, tegas Kepala Puslitbangbun, Ir. Syafaruddin, Ph.D.

Hal ini disampaikan Kepala Puslitbangbun pada rapat koordinasi percepatan realisasi kegiatan dan anggaran tahun 2019 serta rencana kegiatan tahun 2020 di Puslitbangbun, Bogor (7/11/19). Rakor dihadiri Kepala Bidang Program dan Evaluasi, Kepala Bidang Kerja Sama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian, Kepala Bagian Tata Usaha serta pejabat eselon 4 lingkup Puslitbangbun.

Pada kesempatan Rakor tersebut, Kepala Puslitbangbun juga memberikan arahan kepada seluruh Kepala Bidang/Bagian untuk melakukan percepatan realisasi kegiatan dan anggaran dengan memaksimalkan tugas dan fungsi terutama terkait target dan capaian IKU 2015-2019 sesuai dengan yang telah ditetapkan. Tidak hanya itu, Kepala Puslitbangbun juga meminta mendata kebutuhan-kebutuhan dalam menunjang kinerja untuk dikoordinasikan dengan Bidang Program terutama terkait kegiatan dan anggaran di tahun 2020 nanti.

Dalam waktu dekat Bidang Program dan Evaluasi akan melaksanakan kegiatan penyusunan kegiatan dan evaluasi serta disinkronisasikan dengan program dan strategi pembangunan pertanian 2019-2024 ke depan. Untuk itu Kepala Pusat, menegaskan agar Bidang Program dan Evaluasi segera melakukan koordinasi dengan Balai Balai lingkup Puslitbangbun dalam menyiapkan hal tersebut.

Demikian halnya, pada kesempatan rapat Ir. Jelfina C Alouw, MSc., Ph.D., selaku Kabid KSPHP menyampaikan perkembangan kegiatan TA 2019 terkait bidang kerja sama dan pendayagunaan hasil penelitian. Jelfina melaporkan, Bidang KSPHP telah mengimplementasikan sebagian besar dari kegiatan yang ditargetkan pada tahun 2019 antara lain, percepatan diseminasi informasi teknologi melalui berbagai media publikasi dan kerja sama, serta berkomitmen untuk mencapai target yang sudah ditetapkan hingga akhir tahun anggaran.

Pada akhir rapat, Kepala Puslitbangbun menegaskan agar kegiatan yang akan digulirkan pada TA. 2020 mempertimbangkan dan mengacu dari target-target strategis yang digariskan oleh Menteri Pertanian dan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian untuk mencapai pertanian dan perkebunan maju. (Sae)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *