Kepala Puslitbangbun Dampingi Kepala Balitbangtan Tinjau Persiapan HPS-39 di Konawe Selatan

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementan, Dr. Fadjry Djufry memanfaatkan waktu di sela-sela kesibukannya beserta jajaran Kepala Pusat dan Balai Besar untuk berkunjung dan melihat progress persiapan gelar teknologi Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 di Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Adapun yang ikut mendampingi dalam kunjungan kerja Kepala Balitbangtan adalah Kepala Puslitbangbun, Kepala Puslitbangtan, Kepala Puslitbangnak, Kepala B2TP, Kepala BB Paspa, Kepala BBSDLP, Kabid KSPHP BB Biogen, dan Kabid PE Puslitbanghorti.

Dalam intruksinya, Kepala Balitbangtan memberikan beberapa arahan demi terlaksananya gelaran ini. Para rombongan pun sempat diskusi bersama dengan peneliti, teknisi litkayasa yang telah berkarya selama sebulan ini untuk menyukseskan rangkaian acara HPS nantinya. Di akhir pertemuan Kepala Balitbangtan sangat mengharapkan gelaran ini dapat memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat sekitar.

Gelaran Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 39 kali ini mengangkat tema tanaman perkebunan andalan provinsi Sulawesi Tenggara yaitu kakao sehingga menjadikan HPS kali ini berbeda dengan yang sebelumnya karena biasanya mengangkat tanaman pangan sebagai primadona. Gelaran HPS akan dilaksanakan di Desa Pudambu Kecamatan Angata Kabupaten Konawe Selatan Sulawesi Tenggara pada Oktober mendatang.

Berbagai satker dibawah Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) bekerja bersama sama menyukseskan acara tahunan ini dengan mengoptimalkan penggunaan berbagai teknologi untuk diaplikasikan khususnya pada tanaman kakao. Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) berkontribusi menerapkan pemakaian produk inovasi seperti pupuk hayati, Biotris dan BiotriV, dan juga teknologi sambung samping, pengendalian VSD, dan penyerbukan kakao.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *