Kepala Puslitbang Perkebunan Tinjau Lokasi Revitalisasi dan Integrasi Serai Wangi-Ternak Sapi di IP2TP Manoko

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN -Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbang Perkebunan) Ir. Syafaruddin, Ph.D., bersama Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbang Peternakan) Dr. drh. Agus Susanto, M.Si., serta Kepala Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) Dr. Ir. Evi Safitri Iriani, M.Si melakukan kunjungan kerja ke Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Manoko Lembang, Bandung (22/01/2021) . Agenda kegiatan ini adalah untuk meninjau lokasi revitalisasi dan integrasi serai wangi dengan ternak sapi.

Kunjungan tersebut dilakukan untuk memastikan sapi unggul yang dikirim berkembang dan beradaptasi secara baik. Kunjungan ini sekaligus dimanfaatkan untuk menggali kendala dan permasalahan dalam manajemen teknis pemeliharaan atau kesehatan ternaknya. Sebelumnya, Puslitbang Peternakan telah mengirimkan 17 ekor sapi unggul yang terdiri dari 14 sapi betina dan 3 sapi jantan melalui Balai Penelitian Ternak (Balitnak) Ke IP2TP Manoko. Sapi perah ini merupakan bagian dari model integrasi sapi dan serai wangi yang menjadi icon Agro Eduwisata Manoko.

Kepala Puslitbang Perkebunan menyampaikan bahwa dari hasil diagnosis, sapi perlu mendapatkan nutrisi dan pakan yang lebih baik. Inovasi ini perlu dibarengi dengan penelitian dan hasilnya.

Harapannya, kegiatan revitalisasi dan integrasi sapi dengan serai wangi ini dapat menjadi sumber edukasi masyarakat mengenai tanaman atsiri (serai wangi) dan sapi ternak. Selain itu, melalui Agro Edu Wisata (AEW) Manoko, masyarakat juga dapat mengenal tentang tanaman atsiri, baik dari segi jenis, budidaya, teknologi penyulingan, maupun pemanfaatan limbah hasil penyulingannya menjadi pakan ternak untuk sapi. (Sudarsono/Tim Web)

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *