Kementan Selenggarakan Rakor PPID Lingkup Kementan di Jakarta

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Pelayanan Penyediaan Informasi Publik yang transparan, interaktif dan mudah diakses merupakan hal yang sangat diinginkan oleh masyarakat. Hal ini mendorong pemerintah untuk terus meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanannya dalam keterbukaan informasi publik khususnya di Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Selasa, 8 Mei 2018 bertempat di ruang Auditorium Gedung F Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, diselenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) lingkup Kementerian Pertanian dengan tema “Peran PPID dalam penderasan informasi, menyongsong Indonesia Lumbung Pangan Dunia Tahun 2045”. Acara tersebut dihadiri oleh +325 orang peserta yang terdiri para pejabat dan pengelola PPID dari masing-masing UK/UPT Lingkup Kementerian Pertanian.

Acara dimulai dengan Laporan dari kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Kuntoro Boga Andri, SP, M.Agr., Ph.D . Dalam laporannya menjelaskan dengan diselenggarakannya Rapat Koordinasi ini diharapkan semakin baiknya koordinasi dan komunikasi khususnya di bagian internal Kementerian Pertanian berkaitan dengan Pengolahan dokumen dan informasi. Selain itu dapat juga sebagai sarana atau media untuk bertukar informasi mengenai masalah atau hambatan apa saja yang terjadi di masing-masing Unit Kerja Kementerian Pertanian yang berhubungan dengan PPID.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Ir. Syukur Iwantoro, M.S., M.B.A., dalam sambutan dan arahannya kepada seluruh peserta yang hadir mengatakan “Saat ini dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat, akan membuka peluang bagi Kementerian Pertanian untuk memberikan pelayanan informasi yang cepat, interaktif & mudah diakses oleh Masyarakat”. Beliau juga mengingatkan kembali komitmen kementerian Pertanian dalam memberikan pelayanan informasi, “Pengelolaan informasi publik harus profesional, efisien dan efektif sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku, serta harus mampu memberikan pola informasi yang cermat dan penuh tanggung jawab. Hal ini tentu perlu didukung oleh adanya koordinasi dari berbagai pihak terkait.”

Pada kesempatan ini, Sekjen Kementan juga sekaligus me-Launching Re-design Website Kementerian Pertanian yang baru. Diharapkan semua wesbite dari masing-masing Unit Kerja/Unit Pelaksana Teknis (UK/UPT) mengikuti platform sesuai dengan website Kementerian Pertanian tersebut untuk mencapai visi bersama.

Kegiatan Rakor PPID berlangsung selama 2 hari (8-9 mei 2018). Hari pertama akan diisi dengan materi pembahasan mengenai strategi penderasan informasi yang efektif dan efisien melalui media sosial yang akan dibawakan oleh beberapa narasumber, antara lain Guru Besar Universitas Indonesia Prof. Dr. Ibnu Hamad, M.Si., dan Komisioner Komisi Informasi. Hari kedua, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kerja. Setiap kelompok kerja akan mengisi dokumen di Portal PPID, dan Menyusun daftar informasi publik (DIP) serta penyajiannya di website Kementerian Pertanian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *