Kelapa Menjadi Prioritas Pengembangan Komoditas Perkebunan di Kabupaten Mimika

Artikel Kelapa Berita Perkebunan Highlight

BERITA PERKEBUNAN – Kelapa merupakan komoditas perkebunan yang menjadi prioritas di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua. Salah satu program peningkatan produktivitas kelapa di kabupaten Mimika adalah pengembangan kelapa Dalam. Kegiatan pengembangan kelapa dilakukan secara bertahap oleh Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Perkebunan Kab Mimika. Pada tahun 2017 seluas 60 ha, dan pada tahun 2018 akan dilanjutkan lagi dengan pengembangan kelapa seluas 60 ha. Upaya pengembangan tersebut disertai juga dengan pembangunan usaha pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) serta minyak kelapa pada tahun 2017, dan pada tahun 2018 akan diadakan alat pengolahan tempurung dan sabut kelapa serta pelatihan petani.

Untuk mendukung program tersebut, Balit Palma- Balitbangtan membantu dalam penilaian dan penetapan Blok Penghasil Tinggi (BPT) dan Pohon Induk Terpilih (PIT) kelapa Dalam di Kampung Atuka, Distrik Mimika Tengah, Kabupaten Mimika pada tanggal 24-26 Oktober 2017. Blok yang dinilai adalah BPT yang telah ditetapkan melalui SK Dinas Perkebunan Provinsi Papua pada tahun 2014.

Hasil penilaian Pada tahun 2017 yang dilakukan oleh Peneliti Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma), Balitbangtan Kementan, Meity A. Tulalo, SP., MP., Ditjenbun, PBT Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Surabaya, PBT Dinas Perkebunan Provinsi Papua, Balai Benih Induk Tanaman Perkebunan Provinsi Papua serta Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan Kabupaten Mimika, diperoleh 156 PIT dengan potensi produksi benih 13.260 butir/tahun yang dapat digunakan untuk pengembangan kelapa Dalam seluas 66 ha.

Kegiatan ini masih akan dilanjutkan pada tahun 2018 di Distrik yang lain untuk dapat menyiapkan sumber benih yang lebih banyak dalam rangka memenuhi kebutuhan pengembangan kelapa pada waktu yang akan datang. Dengan adanya PIT sebagai sumber benih kelapa Dalam unggul lokal di Distrik Mimika Tengah, kebutuhan benih dapat terpenuhi dan program pengembangan dapat berjalan lancar. Harapan Pemda Kabupaten Mimika adalah melalui pengembangan tanaman kelapa Dalam dapat tercipta Kemandirian Petani Lokal dalam Usaha Perkebunan di Distrik Mimika Tengah dan Mimika Barat Tengah.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Palma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *