Kelapa Kopyor

Tahukah Anda

Daging buah kelapa kopyor, memiliki tekstur yang khas, lunak dan cenderung menyerupai jelly. Permukaannya tidak rata serta tidak melekat sempurna pada tempurung, sebagian terapung-apung berbaur dengan air kelapa. Di Filipina dikenal dengan nama makapuno. Kelapa kopyor terjadi karena pertumbuhan abnormal sewaktu pembentukan daging buah.

Daging  buah kelapa kopyor baik dijadikan sebagai campuran dalam pembuatan roti, kembang gula, es krim, koktil, candy dan khusus di Indonesia digunakan sebagai minuman segar (Ketaren dan Djatmiko, 1981). Dalam perkembangan selanjutnya, prosentase pemanfaatan kelapa kopyor di dalam negeri adalah sebagai berikut: bahan minuman 40%, bahan campuran roti 20%, selai 15%, sebagai buah segar 13% dan lain-lain 12% (Warisno, 1998).

Tanaman kelapa unik ini ditemukan di beberapa sentra produksi kelapa di Indonesia. Salah satu di antaranya adalah di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, yang memiliki beberapa populasi unggulan kelapa kopyor. Beberapa keunggulan populasi kelapa kopyor asal Pati tersebut adalah cepat berbuah (3-4 tahun), sehingga dikategorikan sebagai kelapa kopyor Genjah dan  persentase menghasilkan buah kopyor pertandan yang tinggi mencapai 50%.

Tanaman ini telah dibudidayakan lebih dari 50 tahun yang lalu, dan telah didaftarkan di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman (PPVT) sebagai calon  varietas unggul lokal pada tahun 2007, dan telah dilepas/rilis oleh Menteri Pertanian pada tanggal 29 Desember 2010 sebagai varietas unggul dengan nama : Varietas Kelapa Genjah Coklat Kopyor, Kelapa Genjah Hijau Kopyor dan Kelapa Genjah Kuning Kopyor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *