Kelapa Genjah sebagai Sumber Nira untuk Pembuatan Gula

Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Produk lain yang tak kalah pentingnya dari kelapa selain buah, adalah nira. Nira merupakan cairan bening yang terdapat dalam tandan kelapa yang belum terbuka. Saat ini pengrajin memanfaatkan nira kelapa untuk pembuatan gula cetak dan gula semut. Petani menggunakan nira kelapa Dalam sebagai bahan baku pembuatan gula.

Untuk penyadapan nira pada kelapa Dalam dibutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak serta risiko bagi penyadap karena pohonnya tinggi.

Kelapa Genjah berbatang pendek dan relatif kecil, sehingga mudah dipanjat. Ukuran buah kecil, umumnya kualitas kopra rendah dan produksi buah menurun setelah berumur 25 tahun menyebabkan pemanfaatan kelapa Genjah salah satunya diarahkan untuk produksi nira.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian memiliki koleksi 22 aksesi kelapa genjah, diantaranya adalah Genjah Kuning Nias (GKN), Genjah Kuning Bali (GKB), Genjah Raja (GRA), Genjah Salak (GSK), Genjah Hijau Jombang (GHJ), Genjah Tebing Tinggi (GTT), dan Genjah Orange Sagerat (GOS). Dari ketujuh varietas ini, produksi nira kelapa GTT paling banyak, yaitu 2,17 liter/tandan/hari dengan lama penyadapan 15 hari.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kadar gula nira kelapa Genjah lebih tinggi (13,51-14,56%) dari kelapa Dalam (12,61-12,92%).
Kelapa Genjah lebih mudah dipanjat dibanding kelapa Dalam karena pohonnya lebih pendek dan batangnya lebih kecil. Kelapa Genjah lebih efisien dimanfaatkan menjadi sumber nira untuk pembuatan gula.

Info selengkapnya download fulltext: Kelapa Genjah sebagai Sumber Nira untuk Pembuatan Gula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *