Kelapa Dalam Varietas Mapanget

Varietas Varietas Kelapa

VARIETAS UNGGUL PERKEBUNAN – Kelapa Dalam Mapanget merupakan varietas kelapa dalam yang telah dilepas sebagai kelapa unggul nasional tahun 2005. Kelapa ini hasil seleksi massa positif terhadap populasi kelapa rakyat di Desa Mapanget Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Varietas ini dapat tumbuh baik di dataran rendah sampai 300 m dpl dan di lahan kering iklim basah (curah hujan >2.500 – 3.500 mm/tahun), mulai berbuah pada umur 5 tahun, bentuk buahnya bulat ukuran buah sedang, dan warna kulit buah umurnya merah kecoklatan.

Produksi buah per tandan 7 butir setara dengan 90 butir buah/pohon/tahun atau setara dengan produksi kpra 3,3 t/ha/tahun, serta berkadar minyak 62.95%. Keunggulan varietas ini ialah produksi buah dan kopra tinggi, kadar minyak tinggi, agak toleran terhadap kemarau panjang, tahan terhadap serangan penyakit busuk pucuk yang disebabkan jamur Phytphthora palmivora.

Potensi pengembangannya antara lain dikembangkan sebagai varietas benih unggul dalam program peremajaan maupun pengembangan kelapa secara nasional.

 

Inventor : Elsje T. Tenda, Henky Novarianto, Miftahorracman, Rusthamrin H. Akuba, Henkie T. Luntungan, Tine Rompas, Zainal Mahmud, Jeanette Kumaunang

Balai Penelitian Tanaman Palma

Status Perlindungan HKI : Pendaftaran Varietas No. 12/PVHP/2007

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *