Kebijakan Percepatan Biodiesel Jatropa

Berita Perkebunan

WARTA PERKEBUNAN – Ketika harga minyak bumi di pasar internasional merangkak naik dalam lima tahun terakhir, dari US$40/barreal menjadi lebih dari US$90/barrel, berakibat meningkatnya subsidi BBM, menyebabkan pemerintah berkeinginan untuk melakukan diversifikasi sumber energi yang sebelumnya kurang mendapat perhatian.

 

Bahan Bakar Nabati (BBN) menjadi salah satu sumber energi yang potensial di Indonesia yang bila diproduksi dengan baik dapat bedampak positif terhadap perekonomian dan lingkungan. Secara umum BBN terdiri atas bioetanol dan biodiesel.

Biodiesel merupakan produk turunan dari minyak nabati bersumber dari berbagai tanaman seperti jagung, kedelai, bunga matahari, kelapa, kelapa sawit, jatropa (jarak pagar), kemiri minyak dan masih banyak lagi.

Untuk mengefektifkan kebijakan pengembangan jatropa diperlukan koordinasi yang kuat secara nasional, karena melibatkan banyak pihak seperti instansi pemeirntah pusat dan daerah, lembaga keuangan, perusahaan berbagai bidang, hingga parlemen pusat dan daerah.

Koordinator yang tepat dan selama ini sudah bekerja adalah Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral yang dapat memanfaatkan berbagai jaringan baik lokal, nasional maupun internasional. (Agus Wahyudi)

Selengkapnya klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *