Karakteristik Stomata beberapa Klon Kopi Robusta

Artikel Kopi Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Jumlah stomata pada tanaman kopi memberikan gambaran kemampuan adaptasi tanaman kopi robusta terhadap kondisi kekeringan. Tanaman kopi robusta yang tahan kekeringan memiliki jumlah stomata yang lebih sedikit. Jumlah stomata yang lebih sedikit akan memungkinkan tanaman kopi mempertahankan air dalam tubuhnya lebih banyak, karena transpirasi melalui stomata dapat ditekan.

Berdasarkan keragaman tanaman beberapa klon kopi robusta, dapat diketahui bahwa kopi robusta klon BP 42 dan BP 436 merupakan klon yang tidak tahan kering. Hal ini didukung dengan analisis karakterstik stomata bahwa kedua klon ini memiliki jumlah stomata yang paling banyak. Sedangkan klon yang toleran terhadap cekaman kekeringan adalah BP 939 dan BP 308. Hal ini didukung dengan jumlah stomata yang sedikit.

Pada klon SA 203 dan BP 534 merupakan klon yang daya adaptasinya luas baik pada berbagai tipe iklim dan ketinggian tempat. Hal ini didukung dengan analisis karakterstik stomata bahwa kedua klon pada pengamtan ini memiliki jumlah stomata menengah.

Gambar. Tanaman kopi Robusta, a) klon BP 42, b) klin BP 436, c) klon SA 203, d) klin BP 534, e) klon BP 308, dan (f) klon BP 939.

Selengkapnya download file : perkebunan_WartaVol21No3-2015.pdf

Info terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *