Karakteristik Minyak dan Isonasi Trimiristin Biji Pala Papua

Artikel Pala Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Minyak pala yang dihasilkan dari penyulingan biji pala merupakan salah satu komoditas ekspor Indonesia. Di Kabupaten Fakfak Papua, komoditas pala dikembangkan dari jenis Myristica argentea. Jenis pala ini dapat menghasilkan minyak, namun karakteristik minyaknya belum banyak diketahui. Biji pala (terutama biji yang tua) juga mengandung lemak yang memiliki komponen utama trigliseridatrimiristin yang banyak digunakan dalam industri kosmetik dan industri oleo chemical sebagai substitusi lemak pangan, maupun dalam industri pelumas.

Kandungan trimiristin dalam lemak pala jauh lebih tinggi dibandingkan dengan minyak kelapa, minyak inti sawit, dan minyak babassu. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik minyak pala Papua dan mengetahui rendemen lemak trimiristin dari bijinya.

Penelitian dilakukan pada bulan Januari – Mei 2010 di Laboratorium Pengujian Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat, Bogor. Biji pala yang digunakan sebagai bahan penelitian ini diambil langsung dari tujuh pohon yang terdapat di kebun wilayah Air Besar, Kabupaten Fakfak, Papua. Minyak disuling dengan cara destilasi uap. Minyak yang dihasilkan dianalisis sesuai dengan Standar Internasional (ISO, 2002), yang meliputi sifat fisika kimia (berat jenis, indeks bias, putaran optik, kelarutan dalam etanol, sisa penguapan, dan komposisi komponen kimia).

Identifikasi komponen-komponen kimia utama dalam minyak pala dianalisis menggunakan metode kromatografi gas. Lemak trimiristin diisolasi dari biji (metode ekstraksi dengan pelarut organik) dan analisis kandungan trimiristin (metode kromatografi gas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendemen minyak pala Papua sangat rendah yaitu 3,11%. Karakteristik fisika kimia minyak tidak sesuai dengan Standar Internasional. Biji pala Papua mengandung trimiristin, dengan rendemen rata-rata 79,50% (dari total lemak pala) dan tingkat kemurnian rata-rata 99,20%.

Dengan demikian, biji pala Papua dapat berperan sebagai sumber trimiristin yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.

Sumber : Jurnal Littri Puslitbang Perkebunan Vol. 19 No. 2, 2013

Download Full Text : perkebunan_Karakteristik Minyak dan Isolasi Trimiristin Biji Pala Papua (Myristica argentea); {.pdf 125 KB}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *