Kandungan Senyawa Kimia pada Daun Teh (Camellia sinensis)

Inovasi Teh Inovasi Teknologi

INFO TEKNOLOGI – Teh sebagai bahan minuman dibuat dari pucuk muda daun teh yang telah mengalami proses pengolahan seperti pelayuan, oksidasi enzimatis, penggilingan dan pengeringan. Manfaat yang dihasilkan dari minuman teh adalah memberi rasa segar, dapat memulihkan kesehatan badan dan terbukti tidak menimbulkan dampak negatif.

Khasiat yang dimiliki oleh minuman teh tersebut berasal dari kandungan senyawa kimia yang terdapat dalam daun teh. Senyawa kimia yang terkandung dalam daun teh terdiri dari empat kelompok besar yaitu golongan fenol, bukan fenol, aromatis dan enzim. Keempat kelompok senyawa kimia tersebut berdsama-sama mendukung terjadinya sifat-sifat yang baik pada seduhan daun teh, apabila pengendaliannya selama pengolahan dapat dilakukan dengan tepat.

Oleh karena itu, pengetahuan tentang komposisi kimia pada daun segar teh, serta perubahan-perubahannya selama pengolahan dapat menjadi dasar dalam pengolahan teh yang baik dan benar dalam upaya memperoleh teh yang bermutu tinggi yang menghasilkan minuman penyegar yang bercita rasa, beraroma dan berkhasiat tinggi. Maupun untuk menghasilkan produk turunan yang bermutu tinggi, seperti berbagai produk makanan, farmasi maupun perawatan tubuh dan kecantikan.

Selengkapnya download full text : perkebunan_warta-vol19No3-2013-4.pdf

Sumber: Warta Puslitbang Perkebunan Vol. 19 No. 3, 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *