Ka Badan Resmikan Kebun Wisata Ilmiah Tanaman Obat

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Kebun Wisata Ilmiah (KWI) Tanaman Obat merupakan petak pamer seluas 1 Ha yang awalnya terdiri dari 240 jenis tanaman obat. Namun kini ada 400 jenis tanaman rempah dan obat yang dilepas oleh Badan Litbang Pertanian di kawasan wisata ilmiah tanaman obat ini. Dalam laporannya, Kepala Puslitbang Perkebunan Dr. Muhammad Syakir mengatakan bahwa KWI tanaman obat ini merupakan bagian dari KWI I dan II.

KWI dan KWI yang terletak kiri dan kanan Jalan Tentara Pelajar, Kampus Pertanian, Cimanggu, Bogor, berbasis tanaman rempah dan tanaman tahunan, serta tanaman obat khusus musiman.

Ide pengembangan KWI ini karena banyaknya pengunjung dari berbagai kota di Indonesia maka dilakukan rehabilitasi, penataan dengan aspek scientst bahwa harus semua tanaman rempah dan obat yang dilepas oleh Badan Litbang Pertanian. Ada 400 jenis tanaman rempah dan obat yang dilepas oleh Badan Litbang Pertanian di kawasan wisata ilmiah tanaman obat ini.

Lokasi Kebun Wisata Ilmiah (KWI) Tanaman Obat di depan kantor BALITTRO sampai ke arah Klinik Griya Jamu yang menyediakan produk jamu dan perawatan kesehatan. Semua jenis tanaman obat yang sudah dilepas ada disini, seperti: serai wangi, akar wangi, brotowali, dll., kata Ka Puslitbang Perkebunan.

Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Haryono dalam arahannya mengharapan setelah diresmikan, Kebun Wisata Ilmiah Tanaman Obat tetap terpelihara. Karena tanaman obat berbeda dengan tanaman tahunan. Tanaman obat perlu pemeliharaan super intensif, sangat sulit dan tidak mudah. Perlu dipikirkan tatacara untuk tetap lestari.

Kebun wisata tidak hanya menjadi petak pamer saja, tetapi harus bisa menjadi petak distributor benih yang menjadi bagian dari Network. Ka Badan juga menhimbau agar para karyawan juga menanam tanaman obat yang dibutuhkan di pekarangan rumah masing-masing. Tujuannya agar dapat dimanfaatkan pada saat kita membutuhkan. Juga untuk konservasi, agar tanaman tidak ada yang hilang, imbuh Ka Badan.

Ka Badan minta kepada para Kepala Pusat/Puslit, Ka Balai Besar, Ka Balai Penelitian, dan peneliti untuk menggerakan dan melihat pekarangan rumahnya. Pada tahun 1870-an, kebun ini adalah bagian dari Kebun Percobaan Cikeumeuh yang sangat prestisius. Pada tahun 1905 Kementerian Pertanian mendirikan Kebun Budidaya Pertanian satu-satunya di Bogor, lanjut Ka Badan.

Peresmian Kebun Wisata Ilmiah (KWI) Tanaman Obat ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Haryono pada hari Jumat pagi tanggal 14 Juni 2013 di Balittro Bogor.

 

Peresmian KWI Tanaman Obat ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan “Silaturrahim Keluarga Besar Badan Litbang Pertanian” yang dimulai dengan Senam Bersama di lapangan BB Biogen, Peresmian “Lingkungan yang hijau dan lestari” di BBSDLP dan Balit Tanah, dilanjutkan Jalan Santai di seputar Kampus Pertanian Cimanggu, dari BB Bioge, BB Pasca Panen, BBSDLP, BB Pengkajian, BBLitvet, KWI 1, KWI 2, KP. Cimanggu, Puslitbang Perkebunan, Balittro menunju Lapangan Tenis untuk pembukaan Ka Badan Litbang Cup I. Terakhir ke Petak Pamer Balittro untuk peresmian Kawasan Wisata Ilmiah Tanaman Obat.

 

 

 

 

 

Liputan: Bursa/redaksi

Foto terkait klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *