Jenis-jenis Thrips pada Tanaman Jarak Pagar (Jatropha curcas)

Artikel Jarak Pagar Berita Perkebunan

WARTA PERKEBUNAN – Serangga dari ordo Thysanoptera atau thrips sering ditemukan pada tanaman jarak pagar. Ada sepuluh spesies thrips yang berasosiasi dengan tanaman ini. Tidak semua thrips tersebut berperan sebagai hama atau merugikan, bahkan beberapa di antaranya menguntungkan dalam usaha budidaya.

Pengenalan atau identifikasi jenis thrips ini sangat penting dalam pengelolaan atau pengendalian hama. Identifikasi ini seharusnya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat oleh petani, apabila petani mengenal dari karakteristik tiap spesies khususnya ciri morfologi, ekobiologi dan perilakunya.

Kesepuluh spesies thrips tersebut ditemukan pada jarak pagar terutama di daun, bunga, buah, serta batang yang sudah mati. Secara garis besar mereka dapat digolongkan menjadi tiga yaitu hama, predator dan pemakan jamur.

Selain itu, mereka juga dapat digolongkan menjadi dua sub ordo yaitu Tubulifera dan Terebrantia. Tubulifera dicirikan oleh keberadaan ruas abdomen berbentuk tabung. Dari sub ordo ini hanya ditemukan satu spesies yaitu E. tibialis. Sub ordo yang kedua dicirikan oleh ruas abdomen terakhir yang tidak membentuk tabung.

Famili yang ditemukan dari sub Terebrantia adalah Aeolothripidae dan Thripidae. Tiga spesies thrips predator yaitu F. vespiformis, F. variegatus dan M. bicolor termasuk dalam Aeolothripidae.

Di antara enam spesies yang ditemukan dari anggota famili Thripidae ini, yaitu S. sexmaculatus merupakan pemangsa tungau, sedangkan spesies yang lainnya merupakan hama atau bersifat herbivor.

Empat spesies thrips bersifat sebagai karnivor yaitu F. vespiformis, F. variegatus, M. bicolor dan S. sexmaculatus. Thrips-thrips tersebut bermanfaat untuk pengendalian beberapa jenis hama jarak pagar sehingga perlu usaha pelestarian dan peningkatan populasi agar proses pengendalian secara hayati menjadi efektif.

Gambar.  Thrips  pada  tanaman  jarak  pagar:  a) S. rubrocinctus, b) R. pulchellus, c) H. haemorrhoidalis, d) Z. ricini, e) T. hawaiiensis, f) F. vespiformis, g) Franklinothrips sp, dan  h) M. bicolor, i) S. sexmaculatus, dan j) E. tibialis

 

Selengkapnya klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *