Jarak dan Sistem Tanam Baru Untuk Kelapa

Budidaya dan Pengolahan Budidaya Kelapa

BUDIDAYA PERKEBUAN – Diameter kanopi kelapa diperkirakan antara 2,0 m – 2,5 m tergantung jenis tanaman kelapa dan lokasi penanaman. Dengan demikian, jarak tanam yang ideal  berkisar 5 m – 7 m dalam baris dan 12 m — 16 m antar baris. Pada jarak tanam tersebut, populasi kelapa per hektar relatif sama dengan sistem tanam konvensional dan terdapat jalur di antara barisan kelapa yang menerima cahaya matahari relatif penuh.

Jarak tanam 6 x 16 m sistem pagar menciptakan ruang lebih luas dan iklim mikro di antara barisan kelapa lebih mudah disesuaikan, sehingga membuka peluang bagi petani memilih komoditas yang akan diusahakan. Pada jarak dan sistem tanam ini jumlah tanaman per hektar:116 pohon.
Pada jarak tanam 6 m x 16 m sistem pagar, waktu penanaman tanaman sela dapat dilakukan sepanjang tahun dengan pemilihan jenis tanaman sela yang lebih fleksibel dibanding dengan jarak tanam konvensional, yaitu  8 m x 8 m, 8,5 m x 8,5 m dan 9 m x 9 m sistem segitiga atau segiempat.

Tanaman jagung ditanam dengan jarak tanam antar barisan 75 cm dan dalam barisan 40 cm. Tanaman padi ditanam dengan jarak tanam 20 cm x 20 cm. Tanaman kacang tanah ditanam dengan jarak antar barisan 30 cm dan dalam barisan 15 cm. Tanaman pisang ditanam di antara kelapa dengan jarak tanam 6 meter. Tanaman pepaya ditanam di antara kelapa dengan jarak tanam 3 m x 3 m.

 

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Palma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *