Isteri Menteri dan Wakil Menteri Pertanian Tanam Pohon di KWI Tanaman Obat

Aktifitas Puslitbangbun

Di akhir masa Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, Isteri Menteri Pertanian Ibu Mieke Wahyuni Suswono dan Isteri Wakil Menteri Pertanian Ibu Umi Mandayani Rusman Heryawan beserta rombongan berkunjung ke Kebun Wisata Ilmiah tanaman obat Bogor (27/09/14). Rombongan diterima oleh oleh Dr. Syafaruddin (Kabid KSPHP Puslitbangbun), Dr. I Ketut Ardana (Kabid PE Puslitbangbun), dan Ir. Jusniarti (Kasie Jaslit Balittro) atas nama Kepala Puslitbang Perkebunan.

Rangkaian kegiatan kunjungan yang dilakukan Ibu Mieke wahyuni beserta Rombongan adalah berkeliling Kebun Wisata Ilmiah (KWI) tanaman obat, melakukan penanaman pohon tanaman obat bersama ibu-ibu dharma wanita lingkup Kementerian Pertanian, dan melakukan demo menanam tanaman bersama anak-anak Sekolah Dasar. Kegiatan ini dipandu oleh Kepala Kebun Percobaan Cimanggu, Dadang Rukmana.

KWI Tanaman Obat merupakan tempat untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap tanaman berkhasiat obat. Preferensi dan motivasi pengunjung di KWI tanaman obat berkembang secara dinamis. Diharapkan ke depan pemakaian obat yang berasal dari alam oleh masyarakat untuk penyembuhan penyakit pada manusia, hewan dan tanaman semakin meningkat (back to nature).

KWI Tanaman Obat ini terletak di Kawasan Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu Bogor yang tepatnya di Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat. Di KWI Tanaman Obat ini pengunjung mendapatkan pengetahuan sambil berwisata. Pengunjung dapat menyaksikan beragam jenis (± 600 jenis) tanaman hias berkhasiat obat.

KWI Tanaman Obat juga merupakan salah satu jajaran Objek Wisata Kota Bogor yang bersifat edukatif. Setiap tahun pengunjung KWI Tanaman Obat semakin meningkat, dari berbagai lapisan masyarakat.

Secara Umum dari kunjungan ke KWI Tanaman Obat ini, Ibu Mieke dan Ibu Umi beserta rombongan merasa senang dan puas karena banyak mendapatkan informasi mengenai tanaman obat termasuk tanaman hias yang yang berkhasiat obat. Bahkan, kegiatan kunjungan ini akan dijadikan salah satu referensi buku beliau yang sedang disusun yaitu biografi kegiatan selama menjadi Istri Menteri Pertanian pada Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II. (Naskah dan Foto: Efiana- Staf Jasa Penelitian-Balittro)

Isteri Menteri Pertanian (Mieke Wahyuni Suswono), dan Isteri Wakil Menteri Pertanian (Umi Mandayati Rusman Heriawan) beserta Dharma Wanita Kementerian Pertanian saat berkeliling Kebun Wisata Ilmiah Tanaman Obat Bogor.

Ibu Mieke dan Ibu Umi saat melakukan penanaman pohon tanaman manggis, kepel, dan sawo (foto kiri), dan foto bersama Ibu-ibu Dharma Wanita di Kebun Wisata Ilmiah Tanaman Obat Bogor (foto kanan).

Pemandu (Dadang Rukmana – Kepala KP. Cimanggu) saat memberikan penjelasan tentang tanaman obat (foto kiri), dan Ibu Mieke bercerita pada anak-anak sekolah dasar mengenai pentingnya tanaman obat bagi kesehatan tubuh (foto kanan).

Foto: Ibu Mieke mencoba daun Sambung nyawa yang berkhasiat untuk obat sakit gigi/radang gusi. Cara penggunaannya, daun dikunyah sampai keluar lendir hingga menutupi gigi/gusi.

Pemandu  saat memberikan penjelasan demo cara menanam tanaman obat yang benar (foto kiri), Ibu Mieke bersama anak-anak Sekolah Dasar saat melakukan penanaman tanaman obat (foto kanan)

Info terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *