Penerapan Teknologi Tanaman TOGA Mendukung ATP di Pacitan

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Dalam rangka kegiatan Agro Techno Park (ATP) di Kabupaten Pacitan Jawa Timur, Badan Litbang Pertanian melakukan persiapan pembentukan lokasi ATP pada tanggal 6-8 maret 2015 di Pacitan. Dalam kegiatan ini komoditas yang akan ditampilkan adalah komoditas padi, sapi, tanaman sayuran, tanaman rempah dan obat serta alsintan.

Dukungan inovasi teknologi Badan Litbang Pertanian melalui Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di pekarangan. Penerapan teknologinya melalui: 1) Introduksi Varietas unggul tanaman rempah dan obat, 2) Teknologi Pengolahan Simplisia menjadi minyak atsiri dan obat herbal (manusia dan ternak), dan 3) Bimbingan teknis budidaya dan pengolahan.

Dalam pertemuan tersebut juga disepakati kebijakan yang diperlukan dalam pengembangan kawasan ATP ini, antara lain : 1) Pembangunan infrastruktur, 2) Pengembangan Sistem Inovasi pertanian berbasis lokal, 3) Pengembangan kelembagaan petani, 3) Optimalisasi SDA yang berkelanjutan, 4) Pemacuan Investasi daerah, dan 5) Kebijaksanaan pemerintah kabupaten yang kondusif.

Diperlukan Informasi peluang pengembangan agroindustri yang memiliki nilai komparatif dan kompetitif yang tinggi diantaranya memiliki ciri kawasan : 1) Berbasis pada pendayagunaan sumberdaya yang ada (domestic resource based), 2) Akomodatif terhadap keragaman SDM, 3) Berorientasi pasar (lokal/Ekspor), dan 4) Mampu memberikan dampak ganda yang luas (multi functionality). Selain hal tersebut diperlukan pula empat faktor penggerak yaitu Sumber daya alam, sumber daya manusia, teknologi dan kelembagaan.

Strategi pembangunan kawasan naungan/bandar dikembangkan dengan menerapkan konsep pertanian berkelanjutan dengan masukan biaya produksi rendah yang efektif dan efisien. Teknologi yang diterapkan didasarkan atas daya dukung lahan dan ekologi, dengan memadukan budidaya beberapa komoditas unggulan lokal dan ternak (Bioindustri) dan tanaman biofarmaka (jahe, kencur, temulawak, dll).

Adapun keluaran yang diharapkan dalam kegiatan ATP di Kabupaten Pacitan Jawa Timur ini adalah : 1) Terbentuknya pengembangan Inovasi Teknologi, dan 2) Terbentuknya Sistem Usahatani Berbasis Inovasi teknologi. Sedangkan manfaat yang diharapkan adalah 1) Dapat meningkatkan Inovasi baru dalam sistem dan usaha agribisnis, dan 2) Dapat meningkatkan Efisiensi sistem produksi, perdagangan dan konsumsi.

Pertemuan ini dihadiri dari perwakilan Badan Litbang Pertanian (Puslitbang Peternakan, Puslitbang Perkebunan), Sekretaris Daerah, Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan, dan Pertamanan Kabupaten Pacitan. (Efiana/Balittro)

Foto : Suasana pertemuan persiapan ATP di Pacitan.

Foto : Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di lingkungan Komplek Bupati Pacitan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *