Inovasi Teknologi Balitbangtan Dukung Pengembangan Komoditi Palma Terpadu di Bombana

Aktifitas Puslitbangbun Artikel Kelapa Berita Perkebunan Highlight Inovasi Kelapa Inovasi Teknologi

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Pengembangan tanaman palma secara terpadu menjadi salah satu program unggulan pemerintah Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, dalam rangka meningkatkan taraf hidup petaninya. Menindaklanjuti pelaksanaan program tersebut, bertempat di ruang rapat Kantor Bupati Bombana, Rabu 31 Januari 2018 telah dilakukan pembahasan dan penajaman program tsb.

Hadir dalam pertemuan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Balitbangtan Dr. Ir. Fadjry Djufry, MS di dampingi Kepala Balit Palma, Dr. Ismail Maskromo, dan Kepala BPTP Balitbangtan Sulawesi Tenggara Ir Muhammad Asaad MSc. Hadir juga Kelapa Dinas Pertanian Kabupaten Bombana, Asis Fair S. Sos, peneliti dan penyuluh BPTP Balitbangtan Sulawesi Tenggara dan Pejabat terkait di Bombana. Menurut Bupati Bombana H. Tafdil, SE, MM, program Pengembangan Tanaman Palma akan di mulai tahun 2018 dengan menanam Kelapa Dalam, Kelapa Genjah, Kelapa Hibrida, Aren dan Pinang.

Kapuslitbang Perkebunan menyampaikan bahwa Balitbangtan akan mendukung program Kabupaten Bombana tersebut dengan inovasi teknologi yang telah dihasilkan Balitbangtan dari hulu sampai hilir. Beliau menyarankan untuk memberikan peningkatan pendapatan petani kelapa maupun Aren secara cepat dan signifikan dengan membangun unit pengolahan terpadu yang dikelola oleh kelompok tani pengolah produk tanaman palma dengan pendampingan oleh pemerintah daerah sebagai ‘bapak angkat’ dalam pemasaran produk olahannya.

Pada kesempatan tersebut Kepala Balit Palma mempresentasikan materi tentang peluang pengembangan tanaman palma di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara. Pada akhir pertemuan disepakati untuk menindaklanjuti kerjasama Kabupaten Bombana dengan Badan Litbang Pertanian yang telah ditandatangani MoU nya pada tahun 2016. Selanjutnya akan dilakukan kunjungan ke Balit Palma di Manado dan unit pengolahan gula aren di Tomohon Sulawesi Utara, kemudian akan segera ditindaklanjuti dengan persiapan lapang dan penyediaan benih serta pembangunan unit pengolahan kelapa dan Aren. Semoga program yang berpihak pada peningkatan taraf hidup petani ini berjalan lancar dan sukses. Salam Balitbangtan…

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *