Inovasi Teknologi Balitbangtan Dalam Ritech Expo 2018 di Pekanbaru, Riau

Aktifitas Puslitbangbun Highlight Inovasi Teknologi

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Puncak Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke 23 tahun 2018 yang dipusatkan di Pekanbaru, Riau telah dilaksanakan di Rumah dinas Gubernur Prov. Riau pada tanggal 10 Agustus 2018. HAKTEKNAS 2018 mengangkat tema “Inovasi untuk Kemandirian Pangan dan Energi”. Kegiatan ini dihadiri oleh stakeholder Iptek dari kalangan Pemerintah Pusat dan Daerah, Presiden RI ke-3 Bapak Prof. Dr. B.J. Habibie, Menristekdikti, Gubernur se Indonesia, anggota DPR RI, DPRD Prov. Riau, Kementerian dan Lembaga Pemerintah, perguruan tinggi, pengusaha, BUMN dan Swasta serta 2000 komunitas Iptek dan teknologi.

Puslitbangbun bersama Puslitbangtan dan BB Pasca Panen serta BPTP Riau yang mewakili Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian berpartisipasi dalam Ritech Expo 2018 dengan memamerkan produk-produk dan teknologi inovatif. HAKTEKNAS berawal dari penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatot Kaca tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung. Hasil karya anak bangsa ini merupakan bukti bahwa Indonesia mampu menumbuhkan Iptek dan inovasi nasional.

Dengan bergulirnya revolusi industri, setiap negara dituntut untuk bisa bersaing meningkatkan kapasitas dan kompetensi terutama dalam kemajuan Iptek dan inovasi. Kunci utama dalam menghadapinya adalah mempersiapkan sumberdaya manusia yang handal, inovatif dan kreatif, berjiwa enterpreneurship.

Peringatan HAKTEKNAS adalah sarana koordinasi semua jajaran pemangku kebijakan dan kepentingan secara nasional, dalam rangka meningkatkan semangat kreatifitas dan Inovasi teknologi untuk kemajuan bangsa. Ritech Expo menghasilkan komunitas iptek yang diharapkan dapat berperan dalam menyelesaikan masalah Iptek. HAKTEKNAS menjadi momentum, pertanggungjawaban publik terhadap apa yang telah dilakukan.

Tujuan dilaksanakan HAKTEKNAS ini adalah (1). Menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat tentang perlunya budaya Iptek, dalam kehidupan masyarakat, (2). Mendorong kreatifitas dan inovasi masyarakat dalam rangka meningkatkan dayasaing bangsa, (3). Mensinergikan strategi untuk implementasi berbagai kebijaksan pemerintah, berkaitan dengan hasil riset dan pengembangan untuk hilirisasi Iptek, dan (4). Sebagai ajang mempromosikan produk produk inovasi berbasis pada potensi dan kreatifitas lokal dari berbagai wilayah.

Sasaran yang diharapkan dalam kegiatan Ritech Expo 2018 ini adalah untuk meningkatkan kreatifitas, Inovasi, menciptakan sinergitas strategi, kesadaran masyarakat tentang perlunya budaya iptek dalam rangka hilirisasi iptek dan ajang promosi produk Inovasi berbasis keaktifan lokal. (Sdr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *