Inovasi Eucalyptus Badan Litbang Pertanian

Artikel Obat Berita Perkebunan Highlight

BERITA PERKEBUNAN – Eucalyptus Adalah Tumbuhan Dari Australia Yang Banyak Dicari Untuk Minyaknya. Minyak Eucalyptus Didapatkan Lewat Proses Distilasi Daunnya Yang Disebut-sebut Kaya Kandungan Antioksidan Dan Senyawa 1,8-Cineole (Eucalyptol).

Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Fadjry Djufry, Msi menyampaikan bahwa semua ikhtiar hasil anak bangsa apapun itu, silahkan dikembangkan. Kompetensi badan litbang pertanian terkait produk Eucalyptus, pertama kita memiliki tanaman koleksi SDG Eucalyptus di kebun percobaan kita di Balai penelitian Tanaman Rempah dan Obat. Kita manfaatkan bahan bahan alam yg berpotensi sebagai anti virus untuk corona.

Beberapa bahan alam sudah kami coba diantaranya jambu-jambuan, vco dan Eucalyptus. Salahsatunya adalah Eucalyptus. Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) melakukan distilasi minyak atsiri dan dilanjutkan dengan formulasi serta pengujian. Pengujian dilakukan di Balai Besar Veterinar untuk mengetahui kefektifan terhadap virus type corona.

Koleksi Balai Besar Veteriner yang dimiliki digunakan sebagai virus model pengujian. Selain itu Badan Litbang Pertanian memiliki pengalaman riset dan SDM yang handal dengan pengalaman meneliti dan memproduksi anti vitus H5N1.

Kepala Badan Litbang Pertanian menyampaikan bahwa kita tidak over claim karena produk kita memang sebatas ijin BPOM tapi secara laboratorium sudah diuji dan berpotensi sebagai virus corona. Uji klinis masih membutuhkan waktu yg lama. Oleh karena itu kita masih berikhtiar untuk melawan covid 19.

Harapannya marilah saatnya bergandengan tangan bahu membahu untuk menanggulangi covid19. Bersama kita bisa.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *