Inovasi Balitbangtan untuk Kesejahteraan Masyarakat

Aktifitas Puslitbangbun Berita Perkebunan Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Dalam rangka meningkatkan layanan komunikasi data dan informasi di Balitbangtan serta mewujudkan pelayanan informasi inovasi teknologi pertanian yang cepat, tepat dan akurat kepada pengguna, Balitbangtan menyelenggarakan koordinasi pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) lingkup Balitbangtan bertempat di hotel UNY, Yogyakarta (16-18/9/18). Temu koordinasi TIK ini diikuti oleh 60 peserta pengelola TIK dari UK/UPT lingkup Balitbangtan termasuk pengelola TIK Puslitbangbun yang diwakilkan oleh Bursatriannyo, S.Komp. bersama  wakil dari Balittro (Tini Nur Cahay), Balittas (Achmad Dwi Harya), dan Balittri (Arifa Chan).

Temu koordinasi TIK ini diselenggarakan untuk mengetahui kebijakan-kebijakan baru Kementerian Pertanian, dan perkembangan terbaru pada TIK yang disampaikan oleh para narasumber dari Kementan, praktisi TIK dan PT. Telkom serta pemaparan hasil evaluasi TIK oleh masing perwakilan unit kerja eselon II lingkup Balitbangtan.

Kegiatan TIK lingkup Balitbangtan ini dibuka oleh Sekretaris Balitbangtan. Dalam arahannya mengatakan bahwa kedepan adalah era transformasi digitasi, era industri 4.0. Kita tidak hanya berselancar di dunia maya, mau tidak mau kita harus mampu mengembangkan dan berkreasi (kreatif dan inovatif) dalam mengembangkan TIK Balitbangtan Kementan. Tujuan dari koordinasi TIK ini adalah memahami dan mendokumentasikan kebijakan pengelolaan sistem informasi dan data di lingkungan Kementan secara nasional. Data pertanian, komoditas dan non komoditas dikelola dengan sebaik-baiknya berazaskan inovasi, ujarnya.

Pada aspek kehumasan, bagaimana merespon viral yang bersifat negatif. Secara solid berkreasi mengembangkan networking, jejaring di antara kita maupun dengan pengelola kehumasan, sesuai tagline Balitbangtan “science, innovation, network”.

Lebih lanjut dalam arahannya, Sesba mengatakan sudah banyak inovasi teknologi yang dihasilkan Balitbangtan, tetapi masyarakat belum banyak tau. Segera viralkan berita positif dan mendukung program kerja pemerintah, karena setiap hari dievaluasi oleh Menteri Pertanian. Kita lebih banyak memperkenalkan ke publik, tunjukkan bahwa Balitbangtan punya banyak inovasi yang bisa mensejahterakan masyarakat, ujarnya.

Sesba mengharapkan sekembalinya nanti agar seluruh peserta mengidentifikasi kembali teknologi-teknologi apa saja yang sudah dihasilkan oleh UK/UPT, kumpulkan bahan-bahannya untuk didiseminasiakn dan diviralkan kepada masyarakat. Beiiau mengajak agar membuat database yang bagus dan berharap tidak hanya mempelajari teknologi, tetapi bahannya juga harus disiapkan. TIK tidak hanya dipelajari sebagai ilmu saja, tetapi juga harus dipraktekkan, harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *