Infotek Perkebunan Vol. 6 No. 9, 2014

Infotek

PUBLIKASI PERKEBUNAN – Emisi gas CO2 merupakan komponen gas rumah kaca (GRK) menjadi isu yang banyak dibahas di kancah global karena di-kaitkan dengan perubahan iklim. Pengelolaan karbon merupakan salah satu upaya penurunan emisi GRK dan mencegah terjadinya perubahan iklim.  Potensi sektor perkebunan mene-kan emisi gas rumah kaca antara lain melalui penambatan gas CO2 yang disimpan dalam bentuk cadangan karbon. Salah satu komoditas perkebunan yang berpotensi menekan gas rumah kaca adalah kemiri sunan.

Pada edisi ini diuraikan tentang potensi  cadangan karbon pada tanaman kemiri sunan dan cara perhitungannya. Salah satu upaya swasembada adalah melalui penyediaan varietas tebu yang tidak saja unggul dari segi produksi juga efisien dalam pengelolaannya.  Pada edisi ini juga diuraikan tentang manfaat varietas tebu yang mudah mudah dikelentek.  Naskah lain menguraikan tentang alternatif per-banyakan jambu mete secara in vitro melalui penggunakan eksplan hipokotil.

DAFTAR ISI

Info BBN : Potensi Cadangan Karbon Tanaman Kemiri Sunan di Garut Berdasarkan Pendekatan Allometrik

Info Perkebunan : Varietas Tebu yang Mudah Dikelentek

Info Perkebunan : Alternatif Perbanyakan Jambu Mete Secara In Vitro Menggunakan Hypocotyl sebagai Sumber Eksplan

Berita dan Tanya Jawab : Menteri Pertanian: Dukung Kebijakan Pengembangan Sagu sebagai Pangan dan Energi

 

Download fulltext: perkebunan_Info-Tekbun-6-9-14.pdf

 

DEWAN REDAKSI

Pelindung : Dr.Ir. Muhammad Syakir, MS./Kepala Puslitbang Perkebunan

Penanggung Jawab : Dr. M. Yusron

Pemimpinan Redaksi : Dr. Nurliani Bermawie

Anggota :

  • Prof.Dr. Bambang Prastowo
  • Dr. Rr. Sri Hartati
  • Dr. Rita Harni

 

Redaksi Pelaksana :

  • Dr. Iwa Mara Trisawa
  • Dr. Suci Wulandari
  • Elfiansyah Damanik

 

InfoTek Perkebunan, memuat informasi mengenai perkembangan bahan bakar nabati dan teknologi perkebunan, inovasi teknologi yang dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian c.q. Puslitbang Perkebunan dan instansi lain, opini, atau gagasan berdasarkan hasil penelitian dalam bidang teknik, rekayasa, sosial ekonomi, serta tanya-jawab seputar bahan bakar nabati dan teknologi perkebunan.

Redaksi menerima pertanyaan-pertanyaan seputar bahan bakar nabati dan teknologi perkebunan yang akan dijawab oleh para peneliti Puslitbang Perkebunan. Selain dalam bentuk tercetak, InfoTek Perkebunan juga tersedia dalam bentuk elektronis yang dapat diakses secara on-line pada : http://perkebunan.litbang.deptan.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *