Infotek Perkebunan Vol. 6 No. 7, 2014

Infotek

PUBLIKASI PERKEBUNAN – Menurunnya cadangan energi fosil memaksa pemerintah untuk memanfaatkan energi terbarukan, antara lain dengan memanfaatkan minyak nabati untuk biodiesel.  Proses produksi biodiesel yang belum efisien telah memotivasi riset. 

Pada edisi ini dijelaskan tentang manfaat katalis nano dalam meningkatkan efisiensi produksi biodiesel dari minyak sawit. Sumber biodiesel lainnya yang sudah dibudidayakan secara luas di Indonesia adalah jarak pagar.  Naskah tentang jarak pagar menguraikan tentang potensi lain dari jarak pagar sebagai tanaman pengendali erosi.  Selain itu juga dibahas tentang teknik analisis keragaman genetik tanaman obat temulawak dengan Randomly Amplified Polymorphic DNA (RAPD).

DAFTAR ISI

Info BBN : Tantangan Riset Katalis Nano dalam Produksi Biodiesel yang Lebih Efisien

Info Perkebunan : Potensi Jarak Pagar (Jatropa curcas L.) sebagai Tanaman Pengendali Erosi

Info Perkebunan : Teknik Analisi RAPD Temu Lawak

Berita dan Tanya Jawab : Puslitabang Perkebunan Promosikan Minuman Kesehatan pada Acara Promosi dan Pasar Produk Pangan Segar dan Olahan Nusantara

 

Download fulltext: perkebunan_Info-Tekbun-6-7-14.pdf

 

DEWAN REDAKSI

Pelindung : Dr.Ir. Muhammad Syakir, MS./Kepala Puslitbang Perkebunan

Penanggung Jawab : Dr. M. Yusron

Pemimpinan Redaksi : Dr. Nurliani Bermawie

Anggota :

  • Prof.Dr. Bambang Prastowo
  • Dr. Rr. Sri Hartati
  • Dr. Rita Harni

 

Redaksi Pelaksana :

  • Dr. Iwa Mara Trisawa
  • Dr. Suci Wulandari
  • Elfiansyah Damanik

 

InfoTek Perkebunan, memuat informasi mengenai perkembangan bahan bakar nabati dan teknologi perkebunan, inovasi teknologi yang dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian c.q. Puslitbang Perkebunan dan instansi lain, opini, atau gagasan berdasarkan hasil penelitian dalam bidang teknik, rekayasa, sosial ekonomi, serta tanya-jawab seputar bahan bakar nabati dan teknologi perkebunan.

Redaksi menerima pertanyaan-pertanyaan seputar bahan bakar nabati dan teknologi perkebunan yang akan dijawab oleh para peneliti Puslitbang Perkebunan. Selain dalam bentuk tercetak, InfoTek Perkebunan juga tersedia dalam bentuk elektronis yang dapat diakses secara on-line pada : http://perkebunan.litbang.deptan.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *