Balittri Adakan FGD Strategi Standardisasi Tanaman Industri dan Penyegar Guna Perkuat Kapasitas SDM

Tanggal Publikasi :Nov 22, 2022
Kontributor : Nurul Aprilianti
Views: 17

Badan Litbang Pertanian resmi bertransformasi menjadi Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSI Pertanian) pada 21 September 2022 dengan dikeluarkannya Perpres 117 tahun 2022 tentang Kementerian Pertanian. Seiring dengan transformasi tersebut, UK/UPT lingkup BSI Pertanian juga perlu menyiapkan diri untuk bertransformasi baik dari sisi aspek kelembagaan maupun tugas fungsi ke depannya.

Untuk mendukung hal tersebut, Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) yang merupakan salah satu UPT Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbang Perkebunan) menggelar Focus Group Discussion bertema “Strategi Standardisasi Tanaman Industri dan Penyegar” pada Selasa, 22 November 2022. FGD dihadiri oleh Kepala Pusat, Kepala Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), Kepala Bagian Tata Usaha, Koordinator Program dan Evaluasi, Koordinator KSPHP, serta Subkoordinator dan Subkoordinator Yantek Jaslit lingkup Puslitbang Perkebunan. Turut hadir dalam acara ini adalah 108 pegawai lingkup Balittri, serta undangan dari BPP binaan Balittri, Distan Kota Sukabumi, dan Distan Kab. Sukabumi.

FGD ini menghadirkan tiga narasumber dari berbagai latar belakang profesi, yaitu Dr. Wa Ode Muliastuty, Penyuluh Kehutanan Ahli Madya dari Pusat Standardisasi Instrumen Pengelolaan Hutan Berkelanjutan; Dr. Ir. Endah Retno Palupi, M.Sc selaku pakar Ilmu Benih dari IPB; dan H. Supriatnadinuri, petani sekaligus CEO Kopi Malabar Indonesia. Kehadiran para narasumber diharapkan dapat memperkaya wawasan para peserta dalam mendukung penyusunan RSNI tanaman industri dan penyegar, baik dari perbenihan maupun instrumen lainnya.

Kepala Puslitbang Perkebunan, Ir. Syafaruddin, Ph.D, meminta agar FGD ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para peserta. “Saya selaku Kapus memohon agar narasumber berbagi ilmu sebanyak-banyaknya lewat FGD hari ini. Teman-teman yang ikut tolong tanyakan sebanyak mungkin yang ingin diketahui untuk meningkatkan kompetensi kita dalam mendukung transformasi Balittri menuju standardisasi tanaman industri dan penyegar,” ungkapnya.

Sementara itu, Dr. Tedy Dirhamsyah S.P., M.A.B. sebagai Kepala Balittri berterima kasih atas dukungan Kepala Puslitbang Perkebunan dalam penyelenggaraan FGD ini. Apresiasi juga disampaikan kepada para narasumber atas kesediaannya untuk berbagi ilmu dan pengalaman.

Image caption

Berita Terkait :