Humas Puslitbangbun Ikuti Pelatihan Jurnalistik Kementan Dalam Upaya Memaksimalkan Kualitas Penyampaian Informasi Untuk Masyarakat

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – “Kita berada di bawah Kementerian yang memiliki banyak informasi mengenai hal teknis dan sangat menarik bagi media serta masyarakat. Humas dalam instansi mempunyai peran sangat penting untuk menyampaikan seluruh informasi tersebut dengan baik dan mudah diterima oleh khalayak luas”.

Demikian disampaikan Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian (Kementan), Bapak Kuntoro Boga Andri, SP, M.Agr., Ph.D, dalam sambutannya pada kegiatan pelatihan Jurnalistik di Kantor Pusat Kementan Jakarta, Kamis (17/10/19).

Kegiatan Pelatihan ini diselenggarakan oleh Biro Humas dan Informasi Publik Kementan sebagai upaya untuk melatih Humas Kementan untuk menghasilkan Publikasi yang lebih baik dalam bentuk foto maupun tulisan yang memiliki nilai berita yang berkualitas.

Dihadapan para peserta pelatihan yang merupakan seluruh Pranata Humas Lingkup Kementan, Boga berharap melalui pelatihan jurnalistik ini, Humas Kementan mampu menciptakan agenda setting sesuai dengan program utama Kementan yang saat ini tengah digencarkan oleh Menteri Pertanian, Dr. Andi Amran Sulaiman. “Pentingnya satu suara dari hulu ke hilir merupakan prioritas yang dikedepankan dalam menyebarkan berita kepada masyarakat” jelas Karo HIP.

Pada hari pertama kegiatan, dihadirkan Narasumber yang merupakan fotografer profesional dari media massa, yaitu Bapak Abdi Widiansyah selaku editor foto majalah Gatra dan Budi Selaku Editor Foto Gatra Review. Adapun materi yang disampaikan pada sesi ini ialah mengenai dasar-dasar fotografi yang harus selalu memperhatikan prinsip, Entire (keseluruhan peristiwa/cerita), Detail (Penjelasan lebih dalam peristiwa), Frame (Bingkai peristiwa yang ingin digambarkan), Time (Waktu peristiwa terjadi) dan Angle (sudut pandang melihat suatu peristiwa).

Pranata Humas Puslitbangbun, Anjas Satria yang turut mengikuti kegiatan pelatihan bersama dengan Kasubbid PHP Puslitbangbun terlihat antusias mengikuti paparan materi fotografi. Beberapa pertanyaan juga ia sampaikan kepada narasumber, diantaranya mengenai bagaimana mengatur mode kamera yang sesuai untuk mendapatkan momen yang tepat saat mendokumentasi suatu kegiatan, serta bagaimana membuat hasil foto agar mampu menggambarkan peristiwa dengan sangat baik.

Selain teori dasar, narasumber juga mengajak seluruh peserta melakukan praktek langsung untuk mengambil gambar pada satu objek dari berbagai sudut (Angle). Dalam hal ini dijelaskan bahwa angle sangat menentukan bagaimana objek dilihat oleh masyarakat, maka itu diperlukan pemahaman tentang teknik pengambilan gambar dari beberapa sudut yang nantinya juga akan mampu menerangkan berita yang ingin disampaikan.

Selain belajar mengenai teknik fotografi, para peserta juga akan menerima pelatihan mengenai teknik membuat tulisan berita yang baik dan benar pada hari kedua pelatihan yaitu Jumat, (18/10/19).(Anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *