HPS ke-39: Puslitbangbun Lakukan Penjajakan Kerja Sama Litbang dan Diseminasi Teknologi

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN –

Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) selain ikut serta dan berpartisipasi dalam mendukung kegiatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 di Kendari 2-5 November 2019, juga memanfaatkan kegiatan tersebut untuk melakukan penjajakan kerja sama dengan beberapa Pemerintah Daerah (Pemda) potensial dalam pengembangan komoditas perkebunan.

Beberapa Pemda tingkat provinsi dan kabupaten menyambut dengan baik tawaran kerja sama dalam bidang penelitian dan pengembangan terutama komoditas; kopi, kakao, kelapa dalam, karet, nilam, pinang, teh dan lada. Kepala Sub Bidang Kerja Sama Puslitbangbun, Dr. Saefudin menindaklanjuti arahan Kepala Puslitbangbun dalam memperluas jaringan kerja sama. Penjajakan kerja sama dilakukan terhadap 6 Pemda yaitu; Pemda Sumatera Barat, Pemda Jambi, Pemda Bengkulu, Pemda Kalimantan Utara, Pemda Sulawesi Tenggara dan Pemda Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Penjajakan kerja sama tersebut akan ditindaklanjuti pada awal tahun 2020 dengan melakukan kunjungan kerja timbal balik oleh kedua belah pihak dalam upaya menyepakati dan menyusunan ruang lingkup kerja sama serta penentuan waktu penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS).

Dalam diskusi yang berlangsung dengan 6 Pemda tersebut, pihak Pemda mengutarakan permasalahan utama komoditas perkebunan terkait serangan hama penyakit pada tanaman, ketersediaan benih unggul, usia tanaman yang sudah tua dan permasalahan harga. Empat hal tersebut yang akan menjadi rencana kegiatan kerja sama dengan Puslitbangbun ke depan selain permasalahan kerja sama sinergisitas baik dalam program kegiatan dan riset.

Sekretaris Dinas Perkebunan dan Hortikultura Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara usai diskusi menyampaikan terima kasih atas informasi yang disampaikan Puslitbangbun terkait informasi teknolgi inovasi perkebunan dan akan segera menyampaikan rencana kerja sama tersebut kepada pimpinan. Hal senada juga disampiakan oleh Pemda Jambi, Bengkulu, Kalimantan Utara, Sumatera Barat dan Sinjai Sulawesi Selatan.

Sebelumnya tahun 2018-2019 Puslitbangbun telah melakukan kerja sama dengan 19 Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi (PT) dan swasta dalam bidang riset, bimbingan teknis, pelepasan varietas dan pembimbingan akademis mahasiswa. Sembilan belas kerja sama tersebut meliputi, (1) Pemda Kabupaten Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau, (2) Pemda Provinsi Sumatera Selatan, (3) Pemda Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung, (4) Pemda Kabupaten Landak Kalimantan Barat, (5) Pemda Provinsi Sulawesi Utara, (6) Pemda Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, (7) Pemda Provinsi Banten, (8) Pemda Kabupaten Bogor, Jawa Barat, (9) Pemda Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, (10) Pemda Kabupaten Garut, Jawa Barat, (11) Pemda Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, (12) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), (13) Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, (14) Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran, (15) Fakultas Teknik Industri Pertanian Universitas Padjadjaran, (16) Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau, (17) PT Perkebunan Nusantara VIII, (18) Politeknik Negeri Jember, dan (19) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN).

Dari enam penjajakan kerja sama Pemda tersebut, diharapkan akan segera terealisasi dalam penandatangan perjanjian kerja sama dan implementasi sehingga diseminasi teknologi inovatif Puslitbangbun, Balitbangtan, Kementan semakin cepat meluas dan dapat dirasakan manfaatnya. (Sae/4/11/2019)

Berita terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *