Hama Pemakan daun pinang

Artikel Palma Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Serangan larva Elymnias hypermnestra khususnya pada bibit pinang perlu diwaspadai. Hal ini karena pemantauan terhadap kehadiran imago tersebut di sekitar bibit pinang, merupakan langkah awal pengendalian. Pengamatan terhadap ada tidaknya telur E. hypermnestra pada bibit pinang harus dilakukan bersamaan dengan kegiatan pemeliharaan.

Elymnias hypermnestra (Lepidopera:Nymphalidae) merupakan salah satu hama yang menyerang bibit pinang. Ulat berwarna hijau dan memiliki sepasang tanduk. Serangan berat terjadi pada tanaman yang tidak terpelihara.

Ciri daun bibit pinang yang terserang menjadi gundul. Kondisi ini mempengaruhi proses fotosintesis yang berakibat pada pertumbuhan tanaman jadi terhambat.

Pengendalian dapat dimulai dengan monitoring hama, sanitasi, fisik/mekanis, penggunaan musuh alami parasotioid dan predator serta penggunaan insektisida sebagai alterantif terakhir dan sesuai dosis anjuran yang tidak membahayakan lingkungan.

Hal ini penting karena serangan berat mengakibatkan tanaman muda menjadi gundul dan mengganggu pertumbuhan serta proses fotosintesis.

Selengkapnya download file terlampir.

Info terkait klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *