Hama Kutu Putih Planococcus Minor (Maskell) pada Jarak Pagar

Artikel Jarak Pagar Berita Perkebunan

INFO PERKEBUNAN – Kutu Putih Planococcus Minor (Maskell) merupakan hama yang bersifat invasif dan polifag, yaitu menyukai lebih dari 250 tanaman sebagai inangnya. Oleh karena itu hama ini harus diberikan perhatian ekstra karena mempunyai inang yang banyak di lapangan. Gejala tanaman terserang kutu putih secara umum adalah daun seperti menggulung atau keriting. Pada bagian daun yang luka berubah warna, dan daun akhirnya layu

Serangan pada tanaman jarak pagar adalah tumbuh tidak normal dan pada bawah daun ditumbuhi sejenis zat putih yang berlilin dan lengket. Sedangkan pada tulang dan urat daun kelihatan seperti bertepung atau kapas putih.

Hama kutu putih dapat dikendalikan dengan cara teknik budidaya yaitu memeriksa bibit tanaman yang akan ditanam, dan mengurangi kerapatan tanaman, serta menghindari pemupukan nitrogen berlebih. Selain itu juga dapat memanfaatkan musuh alami seperti kumbang Coccinella, kepik, Syrphid hijau, dan parasitoid dari jenis tawon kecil (wasp) yang dapat menekan populasi kutu putih. Disamping itu ada beberapa jamur parasit yang dapat mengurangi populasi hama kutu putih.

Pengendalian lain yaitu penggunaan pestisida berbahan minyak nabati. Apikasi dilakukan ketika nimfa muda, apabila dilakukan pada saat kutu putih sudah dewa maka aplikasi kurang efektif. Jika pengendalian di atas belum dapat mengatasi serangan kutu putih dapat digunakan pestisida kimia secara bijak yaitu tepat dosis dan waktu.

Selengkapnya download fulltext : perkebunan_Infotek-kutuputih

Info terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *