Gelar Teknologi Puslitbang Perkebunan dalam rangka Dies Natalis ke-14 STPP Bogor

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Dalam rangka Pekan Dies Natalis ke-14 Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Bogor, Puslitbang Perkebunan bersama UK/UPT Balitbangtan turut berpartisipasi dalam gelar teknologi. Gelar teknologi menampilkan berbagai hasil inovasi teknologi, khususnya teknologi tepat guna yang berorientasi agrobisnis untuk dapat diadopsi oleh para mahasiswa maupun lulusan dari STPP Bogor. Gelar teknologi dilaksanakan di lapangan STPP Bogor (9-11  April 2015).

Beberapa inovasi dan informasi teknologi dari Puslitbang Perkebunan yang ditampilkan antara lain Minuman Herbal (Secang Fit, Asitaba), Healtro (kapsul temulawak, temu putih, daun salam, asiticap, daun ungu, daun jati, rumput mutiara, sambiloto), Jamu ternak (anti koksi untuk unggas), Kakao, Kopi, Minyak goreng sehat, Coconut body buter, biji lada hitam/putih, madu kapuk, winyak wijen, dan fuly pala.

Informasi teknologi dari bentuk publikasi antara lain : buku saku tanaman obat, katalog tanaman perkebunan, booklet teknologi unggulan jahe, nilam, dan lada, teknologi budidaya pasca panen kakao, booklet pestisida nabati, profil Puslitbangbun, Leaflet jamu ternak, antikoksi dan fermentasi.

Disamping itu dari UK/UPT Balitbangtan menampilkan inovasi teknologi seperti : KRPL, Walkaponik, Ayam KUB, kelinci, berbagai VUB, Bawang Merah, perangkat uji tanah dan pupuk serta aneka olahan pascapanen pertanian. Balitbangtan juga menampilkan berbagai demo teknologi seperti demo budidaya jamur tiram, demo budidaya hidroponik, demo penggunaan perangkat uji tanah dan demo olahan tepung non terigu.

Pekan Dies Natalis ke-14 yang dilaksanakan selama tiga hari ini bertemakan ‘STPP Bogor Bersinergi Mensukseskan Swasembada Padi, Jagung dan Kedelai’. Acara dibuka oleh Kepala Badan SDM Pertanian Dr. Winny Dian Wibawa. Kepala Badan SDMP dalam sambutannya mengatakan bahwa perhatian pemerintah daerah terhadap penyuluh juga turut mempengaruhi terhadap bidang penyuluhan.

Foto: Ka Badan SDMP dan Dirjen PSP Kementan berkenan mengunjungi stand pameran Balitbangtan (kiri), dan para pelajar yang mengunjungi stand pameran (kanan).

Foto: Infoguide sedang melayani permintaan buku oleh pengunjung (kiri), dan produk inovasi teknologi Puslitbang Perkebunan yang ditampilkan pada gelar teknologi di STPP Bogor (kanan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *