Fokus Penelitian dan Diseminasi Komoditi Palma TA 2019 dibahas di Balit Palma

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Evaluasi proposal penelitian dan diseminasi komoditi palma tahun anggaran 2019 telah dilakukan di ruang pertemuan Taman Sains Pertanian (TSP) Bioindustri Palma, Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma), Manado (13-15 Feb’18).  Kegiatan evaluasi dibuka oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun), Dr. Fadjry Djufry.

Kepala Puslitbangbun dalam sambutannya menekankan pentingnya mengevaluasi status penelitian untuk mengidentifikasi gap-gap yang masih perlu diisi/dijawab dengan penelitian serta menghindari terjadinya tumpang tindih kegiatan penelitian.  Selanjutnya Dr. Fadjry mengingatkan agar penelitian difokuskan untuk menghasilkan inovasi teknologi dalam rangka menjawab kebutuhan stakeholders dan perlunya percepatan pencapaian target output penelitian agar teknologi dibidang kelapa dan palma lain dapat segera diadopsi oleh petani dan pengguna lainnya.  Dalam kunjungan kerjanya ke Balit Palma, Dr. Fadjry juga meninjau lokasi perbenihan kelapa di KP. Mapanget dan lokasi TSP serta fasilitas penunjangnya.

Dua belas proposal penelitian, pengembangan dan diseminasi dipaparkan oleh para penanggung jawab penelitian dan kegiatan.  Para evaluator yang terdiri dari Prof. Dr. Elna Karmawati, Prof. Dr. Deciyanto Soetopo, Prof. Dr. Bambang Prastowo, Dr. Jelfina C. Alouw, dan Dr. Rustan Massinae mengevaluasi urgensi dan pentingnya penelitian untuk menjawab permasalahan di bidang perkebunan kelapa dan palma lain serta menyiapkan terobosan baru bagi peningkatan kesejahteraan petani.  Selain itu, substansi penelitian dan kelayakannya dari segi ilmiah, anggaran, pendekatan dan metodologi yang digunakan serta efisiensi penggunaan dana dan format baku proposal juga merupakan faktor yang disorot oleh para evaluator.

Kepala Bidang Program dan Evaluasi (Kabid PE), Dr. Rustan Massinae mengharapkan agar perbaikan substansi dan format proposal segera ditindaklanjuti. Profil Balit Palma yang telah dikemas dalam video yang menarik dan informative, ditayangkan di dalam studio mini TSP Bioindustri Palma.  Kepala Balit Palma, Dr. Ismail Maskromo dalam sambutan penutupannya menyampaikan apresiasi terhadap kehadiran dan masukan yang sangat bermanfaat dari Kepala Puslitbangbun dan evaluator serta mengharapkan agar kehadiran dan informasi dari tim Puslitbangbun di Balit Palma dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh semua pejabat dan staf Balit Palma.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *