FGD Lada : Mengembalikan Kejayaan Rempah Nusantara

Aktifitas Puslitbangbun

Puslitbang Perkebunan menyelenggarakan FGD lada di Aula Rapat Kantor Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan di Cimanggu, Bogor pada tanggal 26 September 2017.

Dalam arahannya, Bapak Kepala Badan Litbangtan, Dr. Muhammad Syakir menyampaikan bahwa saat ini Kementerian Pertanian fokus pada upaya mengembalikan kejayaan komoditas rempah, salah satunya lada di Indonesia.

Bapak Kepala Puslitbang Perkebunan, Dr. Fadjry Djufry, memaparkan bahwa teknologi hasil penelitian telah tersedia, tetapi tingkat adopsi oleh pengguna masih rendah.Ā  Diperlukan sinergitas antar stakeholders untuk mengatasi berbagaiĀ  permasalahan dalam budidaya lada, agar produktivitas meningkat dalam rangka mengembalikan kejayaan lada Indonesia.

Nara sumber lain juga hadir antara lain Direktur Tanaman Semusim dan rempah, Direktur Ekspor Ditjen perdagangan Luar Negeri, BPTP BalitbangtanĀ  Bangka Belitung, Petani sukses lada dari Bangka Belitung, akademisi dan peneliti.

Salah satu action plan yang akan direalisasikan segera adalah membangun kebun induk di daerah sentra produksi melalui kegiatan APNB Perbenihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *