FGD Demoplot Tebu

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) Malang mengadakan Forum Group Discussions (FGD) Kajian Penerapan Demoplot Produktivitas Tebu 200 Ton (Program T200) dilaksanakan di Aula Jatropha, Balittas (14/8/2017). Acara dibuka oleh Kepala Balittas Ir. Emy Sulistyowati, MAg., PhD yang dihadiri oleh Direktur Produksi PT Perkebunan Nusantara X, Dirjen Perkebunan Kementan, Kabid Sapras Dinas Perkebunan Pemprov Jatim, perwakilan dari 10 Pabrik Gula (PG) di wilayah kerja PTPN X, serta para peneliti dan teknisi Balittas. FGD diselenggarakan untuk mempresentasikan kegiatan yang telah dilakukan oleh 10 pabrik gula dalam rangka pencapaian Program T200.

Program Demoplot Intensifikasi Tebu telah dilakukan di PG Krembung, PG Watoetoelis, PG Gempolkerep, PG Djombang Baru, PG Tjoekir, PG Lestari, PG Meritjan, PG Pesantren Baru, PG Ngadirejo, dan PG Mojopanggung. Pemaparan berisi laporan terkini pertumbuhan tanaman, kendala yang ditemui dan upaya intensifikasi untuk mencapai target protas tebu 200 ton.

Dalam acara diskusi, perwakilan dari Dirjen Perkebunan Kementan dan Dinas Perkebunan Pemprov Jatim menyampaikan saran dan masukan terkait permasalahan ketersediaan sarana dan prasarana, sedangkan perwakilan dari tim peneliti Balittas menyampaikan saran terkait permasalahan teknis pertanaman tebu. Acara ditutup oleh Ibu Kepala Balai Balittas dengan rencana penunjukkan tim peneliti Balittas sebagai kordinator pendamping untuk tiap-tiap PG.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *