Evaluasi Pelayanan Publik Kementerian Pertanian

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Salah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelengaraan negara yang terbuka adalah hak publik untuk memperoleh Informasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Hak atas informasi menjadi sangat penting, karena makin terbuka penyelenggaraan negara untuk diawasi publik, penyelenggaraan negara tersebut makin dapat dipertanggungjawabkan.

Hak setiap orang untuk memperoleh informasi juga relevan untuk meningkatkan kualitas pelibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan publik. Partisipasi atau pelibatan masyarakat tidak banyak berarti tanpa jaminan keterbukaan informasi publik.

Dalam rangka evaluasi pelaksanaan pelayanan publik di lingkup kementerian pertanian dan sebagai dokumen reformasi birokrasi, Biro Organisasi dan Kepegawaian, Kementerian Pertanian mengadakan pertemuan dengan perwakilan beberapa Eselon I dan II Kementerian Pertaniandi ruang rapat Puslitbang Perkebunan, Bogor (5 Feb’15).

Dalam pertemuan tersebut  dilakukan terhadap hasil pengukuran Indeks Kepuasaan Masyarakat (IKM), laporan public hearing, dan penerapan standar pelayanan publik, serta inventarisasi pengelolaan pengaduan masyarakat serta tindak lanjut dari UPT/UKPP.

Evaluasi ini penting terhadap repormasi birokrasi yang dijalankan oleh Kementerian Pertanian dan memberikan gambaran kinerja yang telah dicapai.  Setiap Eselon I diharapkan segera melengkapi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik sesuai dengan peraturan Kementerian Pertanian.

Dalam kerangka logis evaluasi reformasi birokrasi (internal dan eksternal) maka perbaikan dan pembelajaran terhadap nilai nilai pengungkit sangat penting, seperti terhadap manajemen perubahan, penataan peraturan perundang-undangan, penataan dan penguatan organisasi, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Di dalam peningkatan kualitas pelayanan publik, hal yang perlu diperhatikan terkait dengan butir-butir yang terdapat dalam standar pelayanan, budaya pelayanan prima, inovasi pelayanan, penilaian kepuasan terhadap pelayanan, dan pemanfaatan teknologi informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *