Evaluasi Pelaksanaan Perjanjian Alih Teknologi Balitbangtan

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Rapat untuk mengevaluasi pelaksanaan perjanjian alih teknologi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah dilaksanakan di ruang rapat Puslitbang Hortikultura Bogor (17/10/2017). Rapat evaluasi ini dihadiri oleh Kepala Balitbangtan, Sekretaris Balitbangtan, Kepala Puslitbangbun, Kepala Puslitbanghorti, Kepala Puslitbangtan, Kepala BBP2TP, para Kepala Balai Besar, Kepala Balit, Kepala Bidang KSPHP, dan tim ahli.

Kepala Balitbangtan Dr. M. Syakir dalam arahannya menyampaikan bahwa evaluasi harus dilakukan secara komprehensif terhadap inventor maupun mitra kerjasama lisensi. Orientasi penelitian diingatkan untuk menghasilkan output penciptaan inovasi teknologi bermutu dan bernilai komersial serta potensial untuk dikembangkan secara masal oleh mitra kerjasama. Di sisi lain, mitra kerjasama harus memenuhi kriteria yang ditetapkan, mampu memproduksi masal dalam waktu yang lebih cepat, menjaga kualitas produk dan efektif dalam memasarkan.

Sebagai salah satu upaya percepatan alih teknologi kepada pengguna, Balitbangtan hingga saat ini telah menandatangani 210 perjanjian lisensi dengan mitra kerjasama. Namun demikian, dalam implementasinya, masih diperlukan perbaikan secara manajerial maupun teknis teknologi yang dikerjasamakan.

Adapun tujuan kegiatan evaluasi ini antara lain 1) untuk mengetahui perkembangan teknologi Balitbangtan yang telah dilisensikan dan jumlah royalty yang diperoleh, dan 2) memantau permasalahan kerjasama lisensi serta penyelesaian masalah.

Berdasarkan hasil pemantauan dan verifikasi pelaksanaan lisensi 2017 lingkup Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) yang disampaikan oleh Kepala BPATP, terdapat satu produk dari Balittro yakni ramuan Demam Berdarah Dengue “DEHAF” yang sudah dikomersilkan, bekerjasama dengan PT. Soho Indonesia Pharmasi. Beberapa produk masih dalam proses perbaikan baik dari segi kualitas maupun perjanjian kerjasamanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *