Ekstrak Galaktomanan pada Daging Buah Kelapa dan Ampasnya serta Manfaatnya untuk Pangan

Artikel Kelapa Sawit Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Galaktomanan adalah polimer yang mengandung unit mannopiranosa dengan ikatan βeta– (1– 4) dan unit galaktopiranosa dengan ikatan αlfa – (1– 6). Sumber galaktomanan yang telah dikembangkan adalah dari biji tanaman Leguminoceae, yaitu fenugreek (Trigonellafoenum graecum). Harga 250 mg ekstrak fenugreek berkadar 85% galaktomanan mencapai US$ 26,75 atau Rp.250.000.-.

Senyawa galaktomanan terkandung juga pada daging buah kelapa. Semakin matang buah kelapa berat galaktomanan akan meningkat dan terbukti pada ampas kelapa terkandung kadar galaktomanan yang tinggi.

Galaktomanan memiliki banyak manfaat dalam industri pangan, kesehatan dan lingkungan hidup. Ampas kelapa yang telah diolah menjadi tepung dapat disubstitusi pada pengolahan makanan ringan sehingga produk memiliki Indeks Glykemik (IG) rendah. Isolasi galaktomanan menggunakan larutan isolat abu tungku 4% pada ampas kelapa 400 g diperoleh berat kering isolat galaktomanan 134,4g.

Penggunaan isolat galaktomanan kelapa selama 52 hari pada kelinci percobaan (hiperkolesterol), dapat mencegah kenaikan kadar total kolesterol 24 mg/dl, obat penurun kolesterol hanya 16 mg/dl, mencegah kenaikan LDL 15 mg/dl sama dengan obat penurun kolesterol, meningkatkan HDL 1 mg/dl, sedangkan yang diberi obat meningkatkan HDL 2 mg/dl dan mencegah kenaikan trigliserida (TG) 18 mg/dl.

Dengan melihat manfaat galaktomanan dalam industri pangan, kesehatan, lingkungan hidup dan nilai ekonomi yang cukup baik, maka potensi ini perlu dikembangkan.

Download artikel : Rindengan Bar (Galakomanan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *