Eksplorasi Mikoriza di Lahan Bekas Tambang Batu Apung Pulau Lombok

Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Mikoriza merupakan simbiosis mutualisme antara jamur tanah dengan akar tanaman. Tanaman-tanaman yang tumbuh pada lahan terdegradasi, beberapa diantaranya bersimbiosis dengan mikoriza yang membantu menyerap unsur hara dan air untuk tanaman inangnya sehingga beberapa tanaman dapat tumbuh dengan baik di lahan tersebut.

Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) telah melaksanakan eksplorasi mikoriza pada lahan bekas tambang batu apung di Kab. Lombok Barat dan Lombok Timur. Peneliti Balittas mengumpulkan sampel akar dan tanah di daerah perakaran (rhizosfer) tanaman dari beberapa tanaman yang tumbuh di lahan tersebut untuk mengetahui keberadaan mikoriza.

Hasilnya adalah seluruh tanaman sampel telah terinfeksi mikoriza dengan persentase yang beragam. Mikoriza yang ditemukan berupa endomikoriza atau yang biasa disebut mikoriza vesikular arbuskular (MVA). Infeksi MVA pada akar diamati dengan keberadaan hifa eksternal, vesikula dan arbuskula.

Lokasi penambangan batu apung di Kelurahan Ijobalit, Lombok Timur dan beberapa tanaman jarak kepyar yang tumbuh di sekitarnya.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *