Dukungan Balittri terhadap Program Perbenihan Tanaman Kopi di Sumatera Selatan

Artikel Kopi Berita Perkebunan Highlight

BERITA PERKEBUNAN – Tim peneliti Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) menyatakan siap untuk membantu pemerintah daerah Sumatera Selatan melakukan uji observasi klon-klon unggul lokal kopi Robusta hingga proses pengajuan pelepasannya sebagai varietas unggul. Hal ini disampaikan Kepala Balittri, Ir. Syafaruddin, Ph.D., pada acara Pertemuan Pengawasan Peredaran Benih dan Sosialisasi Pengenalan Varietas Tanaman Perkebunan (5-6/9/2017).

Lebih lanjut dalam paparannya menjelaskan tentang prosedur uji observasi varietas lokal supaya layak diajukan dilepas sebagai varietas unggul. Beberapa tahapan yang perlu dilakukan meliputi penelusuran asal-usul genetik, pengamatan daya dan mutu hasil, identifikasi karakteristik morfologi dan polimorfisme DNA, pengamatan serangan OPT, serta analisis sosial ekonomi, ujarnya.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan, Ir. H. Fakhrurrozi Rais, pada saat pembukaan menyatakan bahwa Provinsi Sumatera Selatan dikenal sebagai sentra penghasil kopi terbesar di pulau Sumatera. Ironisnya, masyarakat dunia justeru lebih mengenal Kopi Lampung, meskipun notabene biji kopinya berasal dari Sumatera Selatan, ujarnya.

Untuk itu, pemerintah daerah Sumatera Selatan memandang perlu mendorong agar kopi Sumatera Selatan makin berkibar dan mendunia. Terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan dalam rangka mendorong peningkatan produktivitas dan mutu kopi Sumatera Selatan. Salah satunya adalah membangun perbenihan kopi melalui pemanfaatan sumberdaya genetik lokal. Berkaitan dengan hal tersebut, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan menggandeng Balittri untuk mengeksplorasi dan mengobservasi klon-klon unggul lokal kopi Robusta di wilayah Sumatera Selatan.

Potensi genetik unggul lokal yang terpilih diharapkan dapat diusulkan untuk dilepas sebagai varietas unggul baru. Dengan demikian, Provinsi Sumatera Selatan dapat memiliki kebun sumber benih unggul kopi Robusta yang terbukti adaptif di wilayahnya.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *