Dr. Muhammad Syakir Dikukuhkan sebagai Profesor Riset Kementan ke 132

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

BOGOR, PERKEBUNAN – Kementerian Pertanian (Kementan) kembali menambah Profesor Riset yakni Dr. Muhammad Syakir, Kepala Badan Litbang Pertanian sebagai Profesor Riset ke 132 di Kementan atau Profesor Riset ke 495 di Indonesia. Pengukuhan dilaksanakan oleh Kepala LIPI, Dr. Laksana Trihandoko di Auditorium Ir. Sadikin Sumintawikarta, Bogor, pada Senin (15/10/2018).

Prof. (Riset) Dr. Muhammad Syakir yang pernah menjabat Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) pada tahun 2008-2015, dan Kepala Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro pada tahun 2006-2008, dalam orasinya yang berjudul “Inovasi Teknologi Budidaya Lada Perdu Mendukung Peningkatan Produksi dan Daya Saing Lada Nasional”, M. Syakir mengatakan bahwa perkembangan teknologi budidaya lada, khususnya modifikasi teknologi budidaya melalui pengembangan Inovasi Modifikasi Teknologi Agronomi Lada Perdu (IMTAg-Lada Perdu). Hal ini menjadi perhatian Menteri Pertanian Dr. Andi Amran Sulaiman, dimana pada tahun 2020 diharapkan kembalinya kejayaan rempah di Indonesia betul-betul terwujud.

Dalam sambutannya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengapresiasi hasil pemikiran yang telah dituangkan Profesor (Riset) Dr. Muhammad Syakir yang dikukuhkan dalam orasi ini. Mentan menyampaikan bahwa apa yang disampaikan Muhammad Syakir sejalan dengan upaya yang telah dirintis Kementerian Pertanian sejak awal tahun ini, yaitu sebagai produsen rempah dunia. Pada kesempatan tersebut Mentan juga kembali mengingatkan pentingnya inovasi teknologi dalam pembangunan pertanian dan kerjasama dengan berbagai pihak.

 

Selamat untuk Bapak Kepala Badan, semoga segera diikuti peneliti-peneliti lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *