Bantuan Program #BEKERJA Kementan Mulai Didistribusikan

Aktifitas Puslitbangbun Highlight Upsus

BEKERJA, PERKEBUNAN – Tim #BEKERJA Puslitbangbun, Balitbangtan, Kementan mulai mendistribusikan bantuan Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) Kementerian Pertanian di desa Jayamekar, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut. Kegiatan distribusi perdana di Kab. Garut ini dilakukan oleh Kepala BPTP Balitbangtan Jawa Barat Dr. Liferdi secara simbolis berupa peralatan beternak ayam KUB kepada 3 pendamping RTM penerima bantuan untuk 147 RTM di 3 lokasi yaitu: kampung Halimun, kampung Cempaka, dan kampung Arinem dilanjutkan dengan Bimtek (9/8/18).

Hasil verifikasi on desk dan lapangan data Rumah Tangga Miskin (RTM) dari Kementerian Sosial, RTM yang memenuhi syarat di Ka. Garut sebanyak 8.147 RTM penerima bantuan di 56 desa, 4 Kecamatan di Kab. Garut (Leles, Malangbong, Pakenjeng, dan Sukaresmi). Kecamatan Pakenjeng adalah kecamatan terbanyak RTM-nya yaitu sebanyak 4.012 RTM.

.

Peralatan beternak ayam KUB yang diserahkan berupa bluder, 1 set lampu, tempat makan, tempat minum, bahan pakan, juga dilengkapi dengan alat pendingin (kulkas) dan fullbox untuk menyimpan vaksin. Sedangkan ternak ayam untuk tahap pertama ini akan dibagikan sebanyak 7.350 ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) kepada 147 RTM (@50 ekor ayam DOC) yang akan diserahkan Jumat (10/8/18).

Distribusi bantuan ini merupakan rangkaian kegiatan program #BEKERJA Kementerian Pertanian tahun 2018. Dalam program #BEKERJA ini, petani tidak hanya diberikan peralatan, bahan pakan, dan ternak, tetapi juga dibekali dengan pengetahuan tentang cara beternak ayam KUB dalam bentuk bimbingan teknis (Bimtek).

Kegiatan Bimtek dengan moderator Bapak Dudung dari UPTD TKC Kec. Pakenjeng dengan narasumber Ir. Ana Sinaga, MP./Koord Bimtek, dan bapak Tedi dari BPTP Balitbangtan Jawa Barat. Dalam bimtek ini RTM diberi bekal dari para narasumber tentang cara memelihara ayam, peralatan, pemberian pakan, perawatan kandung, vaksin, dll. Dikatakan juga bahwa setiap 50 RTM akan didampingin oleh 1 pendamping yang bertugas mencatat dan melaporkan setiap hari akan permasalahan kepada pendamping Kecamatan untuk ditindaklanjuti.

.

 

Para peserta Bimtek sangat antusias dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan. Mereka sangat senang dengan adanya bantuan dari pemerintah ini. Semoga program #BEKERJA ini dapat terlaksana dengan baik dan sukses mengentaskan kemiskinan, tentu dengan dukungan semua pihak. (Bur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *