Dilantik Sebagai Ketua Umum PERHIMPI, Kepala Balitbangtan Terima Mandat Khusus dari Menteri Pertanian

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN- Perhimpunan Meteorologi Pertanian Indonesia (PERHIMPI) merupakan organisasi masyarakat professional yang bersifat lintas disiplin dalam bidang pengembangan dan pemanfaatan cuaca dan iklim di Indonesia berdasarkan prinsip kelestarian lingkungan hidup yang sehat. PERHIMPI telah berdiri sejak tahun 1979.

Salah satu peran teknis PERHIMPI terkait dengan kemajuan pertanian di Indonesia ialah menyumbangkan pemikiran yang bersifat membangun dalam rangka pembangunan nasional pada umumnya dan pengembangan serta pemanfaatan cuaca dan iklim bagi seluruh aspek pertanian. Hal tersebut menjadi target khusus bagi Kepala Badan Litbang Pertanian Bapak Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si yang baru saja dilantik sebagai ketua umum PERHIMPI periode 2019-2024 oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia Dr. Andi Amran Sulaiman, pada kegiatan Simposium IX & Kongres VIII PERHIMPI, kamis, 3 Oktober 2019 di IPB Convention Centre Bogor, Jawa Barat.

Dalam sambutannya Amran memberikan mandat khusus kepada ketua umum PERHIMPI yang baru agar mampu memberikan dampak nyata bagi pertanian Indonesia. Salah satunya dalam hal pemanfaatan potensi intensitas curah hujan yang tinggi di Indonesia yang jumlahnya jauh lebih besar dibandingkan kebutuhan pengairan lahan pertanian. Amran juga menekankan agar air hujan yang turun dapat ditampung dengan membuat embung untuk menampung air disekitar lahan pertanian, sebagai upaya mengantisipasi terjadinya kekeringan masal.

“Kementerian Pertanian tentunya akan selalu mendukung organisasi PERHIMPI untuk mewujudkan pertanian indonesia yang maju”, ujar Amran.

Ketua Umum PERHIMPI, Fadjry Djufry, menjelaskan bahwasanya seluruh anggota organisasi PERHIMPI kedepan akan terus memberikan gagasan serta pemikirian kepada seluruh stakeholder yang memiliki kewenangan serta kebijakan dalam mengimplementasikan program yang berdampak pada bidang pertanian di Indonesia. Fadjry yang saat ini tengah menjabat sebagai Kepala Badan Litbang Pertanian menekankan sinergisitas organisasi PERHIMPI dan Badan Litbang Pertanian akan semakin kuat untuk menciptakan inovasi dibidang teknologi pertanian.

Diakhir kegiatan turut diselenggakan juga diskusi dan presentasi makalah dari para narasumber, salah satunya Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan yang diwakili oleh Dr. Bariot Hafifi dari Kelompok Peneliti Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) Sukabumi, Jawa Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *